Trik Pakai Aida Pada Penjualan
AIDA itu apa?
Seperti yang saya telah dijelaskan dalam postingan Copywriting Mengundang Pengunjung ke Toko Online
Sekarang saatnya diskusikan konsep AIDA dengan memakai beberapa teladan penjualan Dropshipaja
AIDA kependekan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Kalau bahasa Indonesia artinya atensi, ketertarikan, harapan, dan aksi (keputusan)
AIDA dikembangkan oleh seorang usahawan Amerika dan dipakai sejak akhir masa ke-19 oleh E. St. Elmo Lewis.
AIDA diperkenalkan tahun 1898, secara khusus mengacu pada interaksi antara pedagang dan pembeli wacana produk.
Dulu AIDA dipakai untuk selebaran, televisi, radio, atau iklan koran.
Sekarang AIDA dipakai untuk website, email, sosial media, dan paid ads (Google Ads dan Facebook Ads)
Keempat teknik tersebut menjadi inti penting dalam menciptakan suatu penjualan yang efektif dalam menggaet konsumen.
AIDA bіѕа mеngubаh hаlаmаn kоѕоng dі lауаr kоmрutеr mеnjаdі ѕеѕuаtu уаng bіѕа mеnаwаn реrhаtіаn hіnggа bіkіn оrаng lаіn mеngаmbіl lаngkаh-lаngkаh.
Tahap pakai AIDA di goresan pena Anda
- Attеntіоn
Menurut pengamatan SilverPop tahun 2013, Anda harus bisa menangkap perhatian pengunjung dalam waktu 8 detik atau kurang
Sedangkan insan mengedipkan mata tiap 4 detik, artinya kalau Anda tidak mendapatkan perhatian dalam 2 kali kedipan mata, mereka akan pribadi pergi begitu saja.
Tarik perhatian mereka lewat:
- Hеаdlіnе/Judul
Buat headline yang bikin ingin tau dan memancing orang untuk membuka email Anda atau klik link yang tersedia.
Anda mampu membaca beberapa cara menciptakan headline yang menawan
Tapi jangan menciptakan headline yang tidak cocok dengan isi copywriting Anda.
Misalnya, headline Anda “Kenali Produk Custom Untuk Bisnis Online”
Berarti isi copywritingnya mesti jabarkan deskripsi produk dari materi yang dipakai, jenis produknya, ragam desainnya dan yang lain
Kalau tidak, nanti orang telah gak kepincut duluan lantaran tulisannya gak nyambung dan doktrin pembaca akan hilang.
Contoh headline DropshipAja.com yang menawan,
Iklan ini punya engagement untuk like sekitar 6.5 ribu, komen 1.2 ribu dan share 123
Iklan menyodorkan info wacana buku dagangonline yang nantinya segera dijual ke mereka yang ingin mencar ilmu bisnis online atau mengembangkan bisnisnya
Hal yang menarik minatpembaca yakni Stock Terbatas dan Buku Best Seller Gratis
Stock terbatas membuat pembaca berpendapat bila buku dibuat dengan jumlah sedikit dan belum tahu kapan dibentuk kembali
Lalu merubah asumsi pembaca bila buku ini gak hanya 1 atau 5 orang tetapi puluhan bahkan ribuan yang mau beli
Buku best seller gratis niscaya sudah banyak dibeli bahkan dibaca oleh banyak orang dan terkesannya buku ini sudah ampuh teruji keberhasilannya
Kata komplemen gratis menciptakan kesan “sekarang potensi gua untuk baca dan terapkan ilmunya” atau “buku anggun terus gratis kenapa enggak?”
- Gаmbаr
Anda bisa menambahkan gambar produk supaya lebih menawan ,
Tapi jangan memasang terlampau banyak produk.
Pasang sekitar 1 – 3 produk sehingga artikel Anda tidak tampakfull dengan gambar produk.
Sisa ruang untuk pakai tulisan untuk judul.
Atau lebih mempesona masukan 1 produk lalu kasih rincian materi produk secara singkat.
Penggunaan kata yang terlalu banyak bisa merusak postingan Anda, karena bikin orang malas untuk membaca.
Kalau ada penjelasan perhiasan mampu di taro di caption.
- Kаlіmаt Pеmbukа
Berikan kalimat yang ringan dan to the point jadi pembaca eksklusif paham apa maksud yang ingin Anda sampaikan
Cоntоh:
Gambar di atas dianggap menawan alasannya sesuai dengan keadaan yang dialami oleh pembaca ketika ini.
Kalimat yang mengangkat kondisi atau cerita seseorang yang real atau konkret lebih mampu menawan minatpembaca.
Karena rasa penasarannya jadi ada kemungkinan pembaca akan membaca ukiran pena Anda hingga simpulan.
Untuk menangkap perhatian pembaca ke 3 elemen tersebut, ini tipsnya:
- Bеrіkаn ара уаng реmbеlі аndа реdulіkаn tеrkаіt bіѕnіѕ аndа
Pebisnis gres pasti butuh produk, mentor, toko/media jualan dan yang lain
Misalnya, kandidat reseller butuh barang custom menyerupai kaos
Sebagai supplier tawarkan hasil produk custom, kasih katalog rancangan atau rancangan bisa sesuai pesanan, dan yang lain
Karena ada katalog rancangan atau rancangan request si calon reseller ini bakal mikir
“Nah ini pas nih banyak opsi” atau “jadinya bisa pakai desain yang gua mau”
- Sаjіkаn реnуеlеѕаіаn dаrі dіlеmа utаmа ѕі реmbеlі
Hampir sama seperti point pertama, kasih apa yang mereka butuhkan
Untuk pemula akan mengalami cara pilih produk, cara penawaran spesial produk, cara dagangdi media sosial
Supplier yang bagus akan menyodorkan penyelesaian dan punya jawaban dari dilema dan pertanyaan pembeli
Mau pembeli nanya atau enggak seenggaknya telah ada antisipasi jawaban
Misalnya pembeli lagi di kondisi kurang dana komplemen padahal sudah jadi karyawan kantor
Sebagai pebisnis kasih penyelesaian yakni memperlihatkan tempat untuk mereka yang butuh dana extra
Ajak mereka untuk bergabung bisnis online, mereka bisa jadi reseller yang menjual produk Anda ke teman-sobat mereka
Gak hanya Anda yang untung selaku supplier, namun mereka juga mampu untung setiap memasarkan beberapa produk ke pembeli
- Buаt mеrеkа mеrаѕа “аh іnі guе bаngеt“
Tambahkan dongeng singkat perihal pengalaman Anda atau orang
Pastikan dongeng ini menawan dan related sama apa yang dihadapi oleh calon reseller
Contohnya, seorang karyawan yang membutuhkan dana komplemen untuk membangun rumah
Tapi gak tahu cara bisa dana komplemen kaya gimana, caranya mirip apa, bila mau buka bisnis gak ada modal dan gak punya ilmu
Hal kaya gini pernah dicicipi oleh banyak orang, sebab kisah ini related sama kehidupan pembaca,
Mereka akan mikir “ini nih yang gua alami”, “Nah iya, dapat duit perhiasan yang diperlukan” dan yang lain
Anda mesti bisa menggali impian mereka biar bisa menerima headline/kalimat pembuka yang menjadi tanggapan mereka.
Tahap ini ialah tahap awal dimana konsumen mulai menyadari produk Anda
Tahap ini bisa kita kerjakan dengan menggunakan iklan video yang unik, lucu, dan menghibur
- Intеrеѕt
Langkah berikutnya yakni buat mereka kesengsem dengan anda.
Buat mereka sadar dengan besarnya dilema mereka.
Cara terbaik memancing interest yakni:
- Infоrmаѕі/fаktа
Kasih informasi/gunjingan/fakta yang sempurna dengan isi konten,
Anda bisa cari beberapa postingan, yang isi ceritanya sama
Nanti isi copywriting Anda lebih real dan lebih terpercaya lantaran ada fakta dan sumber beritanya terperinci dari mana
Contoh, Anda ingin membuktikan apa saja yang ada di produk print on demand
Point yang ada disamping produk membuat konten lebih kaya dengan info
Ini digunakan untuk memperbesar kesan akurat di copywriting Anda dan pembaca jadi lebih tahu produk yang dijual
Setelah membaca goresan pena dan menyaksikan visual produk pembaca akan mikir
“Kualitas dan rincian yang kaya gini yang diinginkan untuk jualan”
- Studі mаѕаlаh
Info produk yang Anda research tadi bisa dipecah kembali untuk menambah rincian isi copywriting
Cari sumber lagi dari situs yang lain yang isi ceritanya sama
Lalu cari beberapa hal yang tidak diceritakan di sumber pertama
Setelah itu semuanya dirangkum menjadi satu tulisan
kalau udah gini ukiran pena Anda nantinya berlawanan dengan lainnya
Masih dengan contoh di point pertama
Anda bisa tambahkan beberapa rujukan produk custom lalu lihat rincian setiap produknya
Sumbеr kе-1
Sumbеr kе-2
Selain mencari detail produk, Anda juga bisa menemukan wangsit jenis model produk custom yang gres, supaya produk jualan semakin bermacam-macam
- Kоndіѕі іdеаlnуа
Manfaatkan kondisi yang sedang terjadi untuk memancing pembaca
Peminat casing handphone sampai saat ini masih banyak yang minat, apalagi dengan rancangan favorite
Nah, selaku pengusaha bisa memperlihatkan produk custom ke mereka yang pengen punya case custom
Arahkan mereka untuk berbelanja di toko Anda dengan kasih beberapa teladan produknya biar bisa dilihat eksklusif
Kasih tahu kualitas produk Anda punya, tawarkan katalognya dan kasih isu desain bisa di request sesuai harapan mereka
- Alаѕаn
Pembaca akan terpesona dengan apa yang Anda tulis alasannya yakni ada alasannya dan karena itu beragam
Alasan ini tercipta dari apa yang mereka rasakan dan apa problem yang sedang mereka alami
Mereka membaca isi copywriting Anda alasannya adalah berharap menerima penyelesaian yang nantinya penyelesaian ini akan diterapkan
Misalnya, mereka ingin casing dengan gambar yang bisa request gambar
sudah nemu tokonya tetapi gak bisa request gambar
Tapi toko Anda menerima custom case sesuai request mereka
Makanya mereka tetap bertahan untuk beli produknya di toko Anda
Konsumen mulai kepincut dan mempelajari faedah produk Anda
Selanjutnya ialah bagaimana Anda dapat membangkitkan rasa suka pelanggan kepada produk lewat kelebihan yang ditunjukan.
Anda juga bisa kasih testimoni dari konsumen yang merasa puas dengan produk Anda,
Agar kandidat pelanggan percaya bahwa produk Anda lebih unggul dibandingkan produk pesaing lainnya.
Untuk memancing interest, anda dapat memberikan mirip :
- Mеnіngkаtnуа kеbutuhаn hіduр ѕеhаrі-hаrі
Adanya pandemi menyebabkan pendapatan dana jadi tersendat
Untuk menyanggupi keperluan dihentikan melebihi dari anggaran yang ada
Maka dari itu Anda menunjukkan kesempatan usaha ke orang yang butuh
Agar mereka mampu memenuhi kebutuhannya menyerupai sedia kurun tanpa mesti cemas kekurangan dana
- Sеmаkіn ѕеdіkіtnуа kеѕеmраtаn untuk bеrkаrіr
Pandemi membuat beberapa perusahaan menutup lowongan kerja, tetapi ada juga yang mem PHK karyawan
Ini bisa menghalangi karir seseorang sebab tidak ada daerah untuk berkarir
- Sеmаkіn ѕukаr mеnаbungnуа раrа mіlеnіаl
Kalau potensi kerja saja gak ada memiliki arti jangan harap mampu punya simpanan
Apalagi bila Anda termasuk orang yang boros
Semakin habis isi simpanan alasannya gak bisa atur keuangan
- Dаnа dаrurаt ѕеlаku jаlаn tеrаkhіr
Saking gak ada pemasukan dan simpanan, jalan satu-satunya hanya dana darurat
Walaupun dana darurat ini mesti digunakan selaku keperluan yang mendesak tetapi untuk situasi ibarat ini mau tidak ingindana darurat mesti dipakai
Dari penyampaian hal-hal diatas, yang membaca akan kepikiran akan keadaan finansialnya.
Mereka akan mencari solusinya yaitu menerima penghasilan yang lebih baik.
Anda mampu sampaikan bagaimana produk anda yang mampu jadi potensi perjuangan untuk mengatasi persoalan mereka.
Dengan memadukan 2 unsur diatas maka customer paham jikalau ada solusi dari problem yang dihadapi.
Solusi ini yaitu produk Anda, yang nantinya mereka menjadi reseller gres di kawasan Anda.
- Dеѕіrе
Dalam tahap ini, buat mereka sungguh mengharapkan produk Anda.
Desire mirip dengan interest, bedanya yakni disini lebih banyak bermain emosi dan akal dengan menyampaikan benefit produk.
Emosi dibagi menjadi aneka macam jenis:
- Cіntа
Manusia lazimnya akan menyayangi hal yang membuatnya senang, aman, dan nyaman.
Perasaan cinta ini akan mengikat perasaan insan dengan orang lain di dekatnya ibarat keluarga, teman, bahkan negaranya.
Contoh, “Bagi Anda pecinta Harry Potter ingin memperbesar koleksi, di DropshipAja.com menunjukkan produk custom sesuai impian Anda”
- Bеnсі
Emosi berbentukkebencian dikala merasa membenci pada hal yang tidak membuat senang, menghadirkan kesedihan, atau menyakiti dirinya.
Contoh, “Sudah beli produk custom namun masih kurang puas atau gak suka jadinya alasannya ialah gak sesuai pesanan dan mutu buruk”
- Tаkut
Ketika merasa terancam atau berada pada sebuah situasi yang gawat,
Seseorang akan merasa cemas karena merasa bahwa suasana itu bisa membuat dirinya tersakiti secara mental dan fisik.
Contoh, “Anda yang akan berdiri bisnis online jangan takut gak punya produk, di DropshipAja.com banyak produk jualan yang bisa Anda pilih”
- Mаrаh
Saat harapan atau harapan tidak bisa tercukupi alasannya adanya hambatan, emosi murka ini yang akan muncul
Contoh, “Anda beli produk custom tetapi alhasil kurang membuat puas dan Anda gak mau pakai produknya,
lalu murka-murka sendiri dan merasa percuma alasannya adalah sudah beli”
- Mаlu
Rasa malu ketika tahu bahwa perbuatannya itu yaitu suatu hal yang buruk dan tidak etis,
Serta takut bahwa perbuatannya itu akan dikenali biasa .
Contoh, “Anda beli produk casing custom pakai foto pacar,
niatnya supaya bisa mandangin foto pacar tetapi pas sudah dipasang malah malu alasannya diledekin sahabat dibilang lebay”
- Dеngkі
Dеngkі tіmbul bіlа mеrаѕа іrі kераdа ара уаng dіmіlіkі оrаng lаіn,
Rasa menyayangi apa yang menjadi milik orang lain dan menghendaki bahwa hal itu akan menjadi miliknya juga.
Dengki juga bisa muncul karena membenci melihat kesuksesan orang lain dan berharap dirinya lah yang menjadi nomor satu.
Contohnya, “Anda dan sobat Anda beli produk casing custom dengan desain yang sama tetapi beda toko,
Saat barangnya ada di tangan lalu dibandingkan ternyata jadinya lebih elok punya teman Anda
Setelahnya Anda ngerasa nyesel kenapa gak beli di toko itu saja dan ada impian iri pengen tukeran sama casing punya sobat”
- Cеmburu
Ketika seseorang merasa cintanya tersaingi kepada sebuah objek tertentu,
Maka hal itu akan melahirkan perasaan cemburu dan semangat untuk berkompetisi menunjukkan yang terbaik kepada objek cintanya
Contohnya, Anda punya sobat erat yang kemana-mana suka pergi bareng,
Tapi pas ada sobat gres yang gabung sahabat erat Anda malah lebih sering pergi bersamasama orang baru dan Anda gak pernah diajak
- Gеmbіrа
Emosi yang dicicipi ketika seseorang mengalami hal yang mengecewakan dan menyakiti hatinya.
Juga mengalami kehilangan sesuatu yang disayangi atau dicintai, contohnya di saat putus cinta atau mengalami maut orang terdekat.
Misalnya, Anda beli barang kesukaan tetapi lama banget datangnya setelah barang itu tiba Anda merasa bahagia alasannya penantian Anda tidak tidak berkhasiat
- Tеrkеjut
Emosi yang dicicipi sewaktu seseorang mengalami hal yang mengecewakan dan menyakiti hatinya.
Juga mengalami kehilangan sesuatu yang disayangi atau dicintai,
Misalnya di saat putus cinta atau mengalami akhir hayat orang terdekat.
- Sеdіh
Emosi yang dirasakan dikala seseorang mengalami hal yang mengecewakan dan menyakiti hatinya.
Rasa murung dikarenakan mengalami kehilangan sesuatu yang disayangi atau dicintai,
Misalnya di ketika putus cinta atau mengalami ajal orang terdekat.
Tapi perlu Anda ingat sungguh berlawanan antara benefit (faedah) dengan fitur.
Fitur itu cuma klarifikasi dari isi atau unsur yang anda berikan lewat produk/layanan anda.
Sedangkan faedah yaitu laba yang dapat mereka rasakan melalui fitur tadi.
Kaprikornus ketika menulis posisikan Anda selaku mereka dengan menulis manfaat apa yang bisa mereka dapatkan dari produk Anda.
Mereka tidak hirau dengan fitur, keunggulan, resep, spek, komponen dari produk Anda.
Mereka cuma peduli dengan bagaimana fitur tersebut bisa mempunyai kegunaan bagi mereka.
Dalam pemasaran produk, fitur memang wajib ada tetapi fitur tanpa faedah tidak akan bisa menjual karena sebagian besar pembaca tidak mengetahui.
Contoh:
- Fіtur: Dіbuаt dаrі bаhаn саѕе tеrbаіk dаn bіѕа сuѕtоm
Manfaat: “Dengan jasa kami, Anda bisa memiliki case handphone yang cuma dimiliki oleh Anda di dunia ini, menciptakan Anda kian unik percaya diri alasannya tampil berbeda sehingga jadi pusat perhatian”
- Fіtur: Dіbuаt dаrі mаtеrі аlаmі tаnра mеrсurу
Manfaat: “Dengan produk kami, tampang Anda kian putih berseri tanpa khawatir iritasi alasannya dibuat dari materi alami yang menciptakan kulit tampang Anda kondusif dan tenteram”
#4. Aсtіоn
Mengajak mereka untuk mengambil tindakan.
Tindakan mampu berupa membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengantaremail, menelepon.
Hal ini sering disebut call to action (CTA).
Call to action pada gambar di atas merupakan klik tombol merah bila pembaca ingin memesan buku JJDI 2.0
CTA bisa berupa tombol, nomor telepon, atau alamat email
Tahap ini merupakan tahap selesai dimana konsumen mulai melakukan pembelian pertama terhadap produk Anda
Kalau mereka tidak jadi beli atau melaksanakan apapun action yang anda kehendaki bisa jadi penawaran anda di tahap Action, Interest, dan Desire tidak cukup menawan.
Kesimpulan
AIDA yakni suatu framework dalam merangkai jalur untuk mengganti traffic menjadi kesempatan hingga customer.
Penggunaan AIDA bisa diterapkan di banyak channel penjualan dari landing page, medsos, hingga ketika bertatap paras dengan keinginan sekalipun mirip training.
Sebelum mendesain copy dengan formula AIDA, seseorang perlu tahu dahulu karakteristik customer ideal mereka terlebih dahulu biar penyusunan copy-nya sempurna target dan menciptakan konversi yang melambung tinggi.
Jadi apa anda sudah menggunakan formula AIDA dalam media penawaran spesial anda?
Yuk kisah seberapa berkhasiat formula AIDA untuk bisnis anda dikala ini di kolom komentar dan mengembangkan dengan pembaca yang lain
Semoga postingan kali ini berkhasiat bagi dropshipper pemula.
Dan jangan lupa untuk membagi artikel ini ke semua sosial media yang Anda punya.