Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Trik Update Apk Android Di Google Developer. (Godev) / Google Play Console

Di postingan kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara update file apk (aplikasi android) di google developer, kita ketahui bahwa update aplikasi di google developer bantu-membantu sungguh mudah, tetapi untuk pengguna yang belum pernah melakukan update aplikasi, saya percaya akan sedikit dibentuk gundah.

Seperti apa yang pernah aku alami dikala pertama kali ingin memperbaharui aplikasi, saya pun sempat dibuat risau, walaupun pada kesudahannya mengenali caranya.

Sebelum aku jelaskan secara terang bagaimana langkah-langkah update aplikasi android (file APK) di google playstore, saya akan coba uraikan sedikit apa itu google developer.

Google developer ialah salah satu layanan online berbayar yang ditawarkan oleh google untuk mengupload file APK aplikasi android yang sudah kita buat, tujuan aplikasi android di upload di google developer ialah biar aplikasi dapat didapatkan oleh pengguna perangkat android, aplikasi android yang diuplod di google developer akan timbul di playstore sehingga akan lebih simpel didapatkan oleh pengguna.

Terkait dengan update apk di google developer, ada beberapa argumentasi kenapa aplikasi android perlu diupload, bisa sebab si pengembang sudah melalukan penyesuaian pada aplikasi, atau aplikasi dianggap menyalahi kebijakan google dan perlu diperbaiki.

Pаnduаn Cаrа Uрdаtе арk аndrоіd dі gооglе dеvеlореr. (Gоdеv)

Untuk anda yang kebetulan ingin mengupload aplikasi android anda di google developer, tetapi anda belum tau caranya, maka langkah-langkahnya merupakan sebagai berikut:

1. Pаѕtіkаn vеrѕі раdа fіlе APK ѕudаh dіgаntі.

Versi file apk gres yang akan mengambil alih file apk lama yang sebelumnya sudah diupload di google developer harus berbeda. kalau sama maka aplikaasi anda akan ditolak.

Untuk mengganti model file APK caranya cukup gampang, khusus pengguna android studio, sebelum melaksanakan build apk maka anda mesti memverbaharui model aplikasi anda, langkahnya ialah selaku berikut:

a. Aktifkan project anda di android studio
b. Pilih sajian File > Prоjесt Struсturе
c. Pada Jendela project struktur, pilih App di kepingan sebelah kiri, kemudian klik tab Flavors, kemudian ganti nilai pada Version code dan Version Name.


Selain cara di atas anda juga bisa menggantinya secara manual di file build.gradle (Module App), yang terdapat pada struktur project anda, ganti pada bagian version code dan version name di bagian defult config.

 Setelah melakukan pergantian model, silahkan syncronisasi ulang project android studio anda.

2. Pаѕtіkаn Aрlіkаѕі Andа mеnggunаkаn Fіlе Kеуѕоtrе уаng ѕаmа

Syarat yang kedua, sebelum anda melaksanakan build apk, pastikan file keystore yang dipakai ketika anda melaksanakan generate signed APK, memakai file keysotre yang serupa.

Jika keystore yang digunakan berlawanan, maka aplikasi tidak akan bisa diupdate di google developer.

Jika kedua patokan di atas sudah anda sesuaikan, maka anda mampu melaksanakan generate signed APK.

File APK yang anda generate siap untuk diupload di goole play developer untuk mengupdate aplikasi yang usang.

3. Uрdаtе Fіlе APK dі gооglе dеvеlореr / Gооglе Plау Cоnѕоlе.

Langkah-langkah untuk mengupdate apk di google developer yakni selaku berikut:

a. Login ke akun gооglе dеvеlореr / gооglе рlау соnѕоlе anda.

b. Pada bilah hidangan sisi kiri, pilih menu All Aрlісаtіоnѕ, daftar aplikasi yang anda miliki akan timbul di sebelah kanan.

c. Klik pada aplikasi yang ingin anda update/ perbaharui

d. Selanjutnya di bilah sajian segi kiri, pilih menu Release Management > Aрр Rеlеаѕе, kemudian klik tombol Edіt Rеlеаѕе


e. Kemudian tekan tombol Browser File, Lalu silahkan pilih file apk anda yang gres untuk diupload.


f. Lalu Scroll ke bawah. lalu isi catatan release pada bab Whаt'ѕ nеw іn thіѕ rеlеаѕе
Silahkan tuliskan perubahan apa saja yang sudah anda buat  di dalam lingkup , seperti tampakpada gambar di bawah ini:



f. Tekan tombol Sаvе Jika sudah final. Lalu Tekan tombol Rеvіеw, kemudian tekan tombol Rеlеаѕе Tо Rоllоut. kemudian tekan tombol Crеаtе Rеlеаѕе.

Sampai tahap di atas, aplikasi lama anda akan diupdate oleh aplikasi modern.

Aplkasi yang gres anda update akan direview oleh google hingga dengan 2x24 jam. bila aplikasi dianggap tidak menyalahi kebijakan google, maka dalam waktu 1- 2 jam aplikasi gres anda akan dipublish oleh google.