Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#4 Langkah Berhasil Tips Memulai Perjuangan Dengan Modal Kecil / Pas-Pasan

Banyak orang yang ingin sekali punya usaha sendiri, tetapi permasalahan yang sering mereka alami yakni kekurangan modal dan sukar menentukan ide bisnis, sehingga banyak yang mengurungkan niatnya untuk buka usaha.

Dengan urusan tersebut, banyak dari mereka menjadi tidak percaya, takut, atau cemas apakah usaha yang mau dirintis itu mampu berhasil dan menguntungkan atau tidak. Sehingga yang menjadi konsentrasi yakni penggunaan modal yang se sekurang-kurangnyamungkin.

Tujuannya  tentu saja yakni untuk mengantisifasi agar kerugian bisa dihemat sekecil-kecilnya. Tapi sayangnya banyak dari mereka yang salah dalam menggunakan modal yang mereka keluarkan, sehingga pada risikonya usahanya bangkrut dalam waktu yang singkat.

Banyak yang menganggap modal itu selaku penentu utama kesuksesan usaha barunya. Padahal modal (dalam artian modal duit) bukanlah semuanya. Yang paling penting menurut saya yakni mind set dan mental yang mesti di asah apalagi dahulu. Mind set sebagai usahawan mesti terus di asah, biar tidak terjebak hanya selaku penjualatau self employee saja.

Banyak orang yang ingin sekali punya usaha sendiri #4 Langkah sukses cara memulai usaha dengan modal kecil / pas-pasan


Untuk anda seorang pemula yang ingin membuka usaha sendiri, tetapi terkendala dengan modal yang pas-pasan, maka kiat berikut supaya bisa memajukan semangat anda untuk mulai buka usaha meskipun dengan modal yang pas-pasan.

Tірѕ 4 Lаngkаh саrа mеmbukа uѕаhа dеngаn mоdаl kесіl

Berikut adalah 4 langkah cara membuka usaha dengan modal kecil.

Lаngkаh реrtаmа :Mеnеntukаn Mоdаl:

Untuk mampu secepatnya mengawali bisnis dengan modal yang kecil yakni memutuskan berapa banyak modal yang akan diinvestasikan. Apakah nol atau tidak punya sama sekali, ratusan ribu, atau jutaan rupiah.

Nilai ini anggap saja jumlah yang sungguh-sungguh mesti siap dikorbankan kalau perjuangan tidak tanpa kendala nantinya. Yang perlu diingat pundak-membahu uang tersebut tidaklah hilang, anggaplah sebagai biaya mencar ilmu.

Lаngkаh kеduа : Mеnеntukаn Uѕаhа

Putuskan jenis usaha yang mau digeluti. Banyak yang menyarankan supaya memulai suatu perjuangan / bisnis sesuai dengan minat atau hobby. Memang sangat anggun dan ideal kalau mampu buka usaha sesuai minat / hobby.

Tapi untuk merintis usaha berdasarkan aku yang penting bisa dijalani atau tidak, dan yang paling penting yakni melaksanakan riset pasar, tujuannya biar bisnis anda lebih praktis untuk meningkat ,

Yang tidak kalah penting adalah niat, niatkan untuk membentuk mind set / mental usahawan dan mengasah kemampuan mempergunakan potensi bisnis.

Lаngkаh kеtіgа 

Singkronkan antara modal yang dimiliki dengan jenis usaha yang ingin digeluti. Misalkan saja anda ingin membuka usaha distro T-Shirt, namun gres punya modal sungguh kecil sekali sebesar Rp.5 Juta.

Jika itu yang anda alami, maka langkah awal yang harus anda fikirkan yaitu anda mesti bisa harus menyusun taktik supaya mampu mempergunakan uang 5 juta tersebut dengan sebaik-baiknya untuk merintis usaha.

Akan ada banyak pilihan, Apakah duit tersebut akan dipakai untuk berbelanja alat sablon, membeli komputer / laptop untuk desain, atau akan dipakai untuk penawaran khusus.

Bisnis T-Shirt sablon pastinya akan eksklusif berlangsung bila peralatan sablon sudah memadai, dengan uang 5 juta rupiah apakah akan cukup untuk berbelanja seluruh perlengkapan sablon untuk buatan.

Jika sehabis dipertimbangkan uangnya tidak cukup untuk berbelanja seluruh alat atau aset usaha, maka langkah yang bijak yang mesti anda pilih ialah mеngіnvеѕtаѕіkаn uаng tеrѕеbut untuk mеndаtаngkаn оrdеr mіrір рrоmоѕі, menciptakan web site, melakukan koordinasi dll.

Setelah mampu order maka proses pengerjaan kaos dan lain-lainnya kita serahkan terhadap pihak lain, kalau penghasilan sudah kita temukan, maka berikutnya kita bisa secara sedikit demi sedikit berbelanja aset perjuangan perlengkapan sablon, sehingga pada risikonya, selain mempunyai konsumen, kita juga mampu memproduksi sendiri.

Jika kita lihat Saat ini sudah sungguh praktis sekali membuka perjuangan dengan modal kecil seminim-minimnya. Internet sudah membuka jalan untuk semua ini mampu terjadi, salah satu bisnis yang bisa anda geluti yakni menjadi dropshipper, atau berafiliasi dengan memasarkan barang milik orang lain.

Apalagi dikala ini telah banyak perusahaan yang menawarkan jasa drop shipping, memperoleh agen dropship akan lebih gampang, tugas Kita ialah mempromosikan produknya, tanpa perlu menyediakan stock barang, tidak perlu mengurusi pengemasan dan pengiriman. Kalau ada order kita mampu uangnya, semua urusan stock dan pengantaran telah dijalankan perusahaan.

Ini ada dongeng dari teman saya, sebutlak namanya Pak Andi (bukan nama pundak-membahu). Berawal dari hidup yang serba sukar, banyak hutang, dan tak memiliki pekerjaan tetap, sehingga tidak ada lagi modal yang banyak untuk buka usaha. Dia mempergunakan internet untuk mencari berbagai lowongan kerja dan juga potensi perjuangan. Ketemulah Pak Andi dengan perusahaan drop shipping yang menyampaikan produk yang bagus menurutnya.

Dia pastikan produknya manis dan mampu dijual dengan secepatnya serta banyak peminatnya. Dalam benaknya terpikir percuma juga menunjukkan produk dari perusahaan drop shipping jikalau produknya sukar dijual dan sedikit peminatnya. Setelah percaya, maka diputuskan untuk bergabung dengan perusahaan tersebut, dan memulai promosinya lewat internet.

Dengan bekal pengetahuan seadanya ternyata Pak Andi berhasil mendatangkan hadirin ke situs web perusahaan. Order pun berdatangan, ia cuma menerima pembayaran dari pembeli, mengambil profitnya, dan meneruskan ordernya terhadap perusahaan. Selanjutnya perusahaanlah yang mengurusi pengemasan, pengantaran, dan lain-lain. Saat terakhir ketemu Pak Andi menceritakan penghasilannya sudah hampir meraih puluhan juta setiap bulannya. Hutang-hutangnya pun sudah mulai berkurang dan sebentar lagi bisa dilunasi katanya.

Kaprikornus begitulah kalau ada kemauan niscaya ada jalan, membuka usaha dengan modal kecil sungguh-sungguh dimungkinkan dan tetap berpotensi menerima penghasilan yang besar.

Lаngkаh kееmраt

Yang terakhir, jikalau sudah mampu mulai membuka bisnis dengan modal kecil dan mulai bisa mendatangkan profit, usahakan tidak semua profit disantap untuk keperluan sehari-hari. Sisihkan sebagian untuk diputar kembali, dijadikan modal perjuangan, dan sebagian lagi sisihkan untuk zakat, infaq, dan sedekah.