Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 9 Potensi Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Banyak sekali yang mencari potensi bіѕnіѕ tаnра mоdаl dі іntеrnеt. Ini tampakdari statistik pencarian di google yang meraih lebih dari 2.900 pencarian per bulan untuk keyword ‘bіѕnіѕ tаnра mоdаl’ dan ‘usaha tanpa modal’ (exact match), belum lagi varian keyword yang lain.

Ini menyampaikan ada dua kemungkinan, pertama memang banyak orang ingin buka perjuangan tetapi belum mempunyai modal yang mencukupi. Kemungkinan yang kedua memang orang tersebut ingin membuka usaha tetapi tak inginberkorban dengan mengeluarkan banyak modal.

Kedua kemungkinan tersebut sebenarnya sungguh anggun dan pantas diacungi jempol, setidaknya dengan berpikiran bagaimana caranya bisa membuka usaha tanpa modal, diperlukan otak usahanya akan ikut meningkat dan mendapatkan cara terbaik untuk melaksanakan bisnis dengan modal kecil.

 Ini terlihat dari statistik pencarian di google yang mencapai lebih dari  Ini 9 Peluang usaha dengan modal kecil untung besar untuk pelajar dan mahasiswa


Untuk menolong para pencari usaha tanpa modal, di artikel kali ini saya akan mengembangkan sekelumit pola potensi perjuangan atau model bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal duit yang banyak.

Inі іа 9 Pеluаng реrjuаngаn dеngаn mоdаl kесіl уаng mаmрu аndа соbа

Berikut ialah beberapa potensi perjuangan dengan modal kecil yang mampu anda coba:

1. Bukа uѕаhа lеwаt wеbѕіtе аtаu blоg grаtіѕ аtаu lеwаt ѕосіаl mеdіа (fасеbооk, twіttеr, dll)

Internet sudah membuka milyaran potensi usaha gres, yang dahulu tidak pernah terpikirkan. Bisnis online lewat internet, bisa dimulai dengan modal nol hingga milyaran rupiah bagi yang sungguh serius. Bagi pemula mampu koq bisnis dengan modal sungguh sedikit, cuma butuh koneksi internet saja.

Model bisnis tanpa modal di internet banyak sekali macamnya diantaranya yakni:

-Pеrtаmа ѕіѕtеm drор ѕhірріng.
Kita selaku usahawan cukup membuat web / blog gratisan ibarat di blogspot, wordpress.com, dan lainnya. Web / blog kita isi dengan penawaran khusus produk atau jasa dari perusahaan yang menampilkan dropshipping. Tugas kita banyak-banyak menghadirkan trafik atau pengunjung ke blog kita.

Kalau ada order, kita terima pembayaran, ambil profitnya, dan meneruskan order ke perusahaan dropship dengan  membayar harga pokoknya. Selanjutnya order dan pengantaran akan diatur oleh perusahaan dropshipping.

-Mоdеl kеduа аdаlаh аfіlіаѕі.
Hampir sama dengan metode dropshipping, untuk afiliasi kita bisa menyampaikan produk fisik maupun produk digital milik orang lain. Kalau ada penjualan kita akan menerima komisi dari perusahaan. Yang dibutuhkan, kita cuma butuh mendatangkan trafik ke web, blog, atau iklan kita di internet. Contoh model afiliasi ini ialah amazon, clickbank, commision junction, dan produk-produk digital (ebook, video, kursus online) dalam negeri yang lain.

Kalau ada sedikit modal, kita bisa menjajal versi ketiga ialah flipping atau jual beli web site. Bisa juga sich dengan web / blog gratisan, asal kita bisa mendatangkan trafik yang banyak di web kita, maka bila dijual akan laris dengan harga yang lumayan.

2. Mаkеlаrаn

Peluang bisnis tanpa modal yang telah klasik yaitu makelaran. Kita menolong menjualkan produk / barang / jasa milik orang lain, menolong mempertemukan pedagang dan pembeli. Lalu kalau transaksinya deal, kita bisa komisi dari pedagang .

Model bisnis ini sudah banyak mencetak orang berhasil. Makelaran mampu dilaksanakan mulai dari kecil-kecilan hingga skala besar, milyaran bahkan trilyunan. Contoh gampangnya yakni makelar tanah, makelar perdagangan kendaraan beroda empat.

Untuk langkah pertama mengawali bisnis makelaran, coba perhatikan orang-orang di sekitar kita, banyak dari mereka ingin memasarkan barang miliknya, mirip kendaraan beroda empat, laptop, handphone, dll, namun mereka tak memiliki waktu atau kemampuan untuk menjual. Kita mampu menjadi perantaranya. Dan kita bisa memberikan komisinya. Saya sendiri sering minta pertolongan sobat atau saudara untuk menjualkan barang yang sudah tidak aku pakai lagi, baik HP, laptor, bahkan pernah kendaraan beroda empat. Dan niscaya saya beri komisi yang patut.

3. Mоdеl bіѕnіѕ dеngаn mеmіntа реmbауаrаn dі аwаl / dі mukа

Model bisnis ini betul-betul tanpa modal yang besar di awal. Kita tawarkan produk atau jasa kepada orang lain, kemudian kita meminta pembayaran apalagi dahulu, gres sesudah ada pembayaran kita siapkan produk atau layanan yang disediakan.

Banyak anak muda yang sukses dengan model bisnis ini, dengan menyampaikan desain kaos, membuka pre order T-Shirt, dan kalau sudah terkumpul cukup orang yang order, gres dibuatkan kaosnya sesuai desain, dan mengirimkan terhadap pembeli sehabis kaos jadi.

Praktis modal awalnya mampu nol, penawaran spesial bisa dilakukan dengan ongkos sangat rendah melalui web, blog, social media, maupun lembaga gratisan.

Model ini banyak dilaksanakan oleh kalangan mahasiswa, bahkan oleh aku langsung saat mahasiswa, salah satunya yakni memperlihatkan jasa fotokopi. Di lingkungkan kampus lazimnya banyak jasa fotokopi dan harganya sungguh variatif. Dulu saya amati harga per lembar fotokopi rata-rata Rp.100, tapi ada yang menawarkan Rp.85 hingga Rp.95/lembar.

Kalau ada dosen yang memberi modul atau diktat, saya tawarkan harga fotokopi perlembar Rp.100. Tapi nanti aku fotokopi di tempat yang lebih irit ongkos. Selisihnya otomatis jadi profit bagi saya.

Contoh yang lain, banyak dipraktekkin pada usaha percetakan. Kita walaupun tak mempunyai usaha percetakan bisa menunjukkan jasa cetak terhadap orang atau usahawan lain. Kalau ada order tinggal diserahkan ke perusahaan percetakan. Modal kita hanya perlu informasi harga cetak dari percetakan dan harga masuk logika di pasaran. Kita bisa ambil selisihnya selaku profit.

Masih ada teladan lagi versi makelaran, yakni arisan. Banyak ibu-ibu di kompleks perumahan yang ingin mengisi rumahnya dengan perabot rumah tangga, perabot elektronik, dll tetapi dananya masih terbatas. Kita bisa menunjukkan arisan terhadap mereka. Modalnya cuma informasi harga produk dari toko, dan kita bisa ambil margin keuntungan nantinya.

4. Bаgі Hаѕіl

Kalau kita punya potensi bisnis yang bagus atau model bisnis yang solid, sementara tidak ada dana yang cukup, bisa saja kita tawarkan kepada investor untuk mendanai. Mencari investor memang gampang-praktis sulit. Modalnya ya banyak-banyak jaringan, silaturahim, dan banyak-banyak ngobrol. Modal yang tidak kalah penting yakni TRUST atau keyakinan atau integritas kita sendiri.

Sering kita dengan perumpamaan angle penanam modal, orang-orang semacam ini siap untuk mengeluarkan banyak duit untuk modal, asal usahanya memang anggun. Saya sendiri pernah ikut mendanai teman yang punya order pengerjaan celana gunung, nanti sesudah terjual saya mendapatkan bagi hasilnya.

5. MLM / Multі Lеvеl Mаrkеtіng / Bіѕnіѕ Jаrіngаn

Sekarang banyak bermunculan produk dan perusahaan MLM yang menunjukkan keanggotaan yang kian praktis. Modal permulaan yang perlu dikeluarkan juga kian sedikit. Asal kita percaya produknya bagus, sistemnya elok, dan modal awalnya murah, tidak ada salahnya ikut gabung  dan menjualkan produknya.

Contoh perusahaan MLM yang gampang gabungnya dan produknya mudah dipasarkan yaitu Abe Network. Hanya dengan modal ratusan ribu sudah bisa gabung. Produknya tidak harus kita konsumsi sendiri, mampu langsung dijual ke konsumen. Menjualnya juga cukup gampang, bisa lewat internet mampu ke orang-orang yang memang butuh untuk mengembangkan kualitas kehidupan pasutri-nya.

6. Induѕtrі Krеаtіf

Industri inovatif membuka banyak kesempatan bisnis tanpa modal duit yang banyak. Contoh mudahnya jasa desain grafis, asal kita punya komputer dan punya kemampuan rancangan yang memadai, mampu kita tawarkan kesanggupan kita. Bahkan kita bisa meminta pembayaran di permulaan. Atau bisa menampilkan lewat situs web secara gratis seperti di fiverr.com, kaskus.co.id, dll.

Yang paling mudah mungkin jasa membuat banner. Prosesnya cepat tetapi kesannya bisa maksimal. Asal ya itu tadi, kita bisa memberi pola desain yang elok.

Peluang cari duit tanpa modal di industri inovatif sungguh luas sekali. The sky is the limit. Namanya juga industri kreatif, ya kita mesti kreatif menangkap potensi bahkan membuka peluang sendiri sebelum orang lain mendahului kita.

7. Jаѕа kоnѕultаn

Anda punya keterampilan yang unik. Tawarkan jasa konsultasi terhadap orang yang membutuhkan. Hampir tiap orang niscaya punya keahlian uniknya sendiri-sendiri yang tidak dimiliki orang lain. Ini peluang yang sungguh besar.

Bahkan yang sederhana saja, kita tawarkan jasa pengurusan dokumen, sim, stnk, dll sudah bisa mendatangkan duit tanpa modal yang besar.

8. Flірріng

Flipping ini gampangnya kita berbelanja produk dengan murah dan pribadi menjualnya dengan harga tinggi. Dalam dunia properti banyak yang sudah berhasil berbelanja rumah dan menjualnya kembali dengan tidak mengeluarkan modal besar, bahkan bisa duit yang melimpah. Mekanismenya kita cari rumah yang hendak dijual, dengan harga yang murah. Biasanya akan ada saja orang memasarkan rumah dengan harga ekonomis, misal rumah warisan, orang yang mesti secepatnya pindah, orang butuh duit / terlilit utang. Kuncinya kita tahu harga pasarannya.

Kalau sudah ketemu, mampu langsung kasih DP, dan minta ijin rumahnya dirapikan dahulu, diperbaiki, diberi taman, dicat ulang. Setelah itu pribadi kita listing lagi rumahnya untuk mencari pembeli yang sebetulnya. Banyak cara memasarkan rumah yang bisa dipraktekan biar rumah mampu secepatnya terjual.

Kalau sudah terjual, kita akan mendapatkan selisih harga jual dan harga beli kita terhadap pemilik awal.

Contoh flipping lainnya yakni flipping situs web. Bisa dilihat di flippa.com, banyak contoh situs web yang dijual disana. Mekanismenya kita beli situs web yang telah jadi atau membangun web dari permulaan. Kalau telah ada trafik dan ada penghasilan, situs web tersebut bisa dijual dengan harga tinggi.

Memang butuh modal permulaan untuk pembelian situs web. Tapi tidak terlalu besar koq harga website : harga domain dan harga hosting kini telah murah.

9. Gunаkаn kеаhlіаn & kеtrаmріlаn

Hampir sama dengan membuka jasa konsultasi di atas, tiap individu niscaya punya kesanggupan dan ketrampilan. Kita bisa tawarkan kemampuan atau ketrampilan kita untuk mendapatkan income yang tidak mengecewakan. Memang jatuhnya jadi kayak self employee, bukan selaku pengusaha.

Ini cocok untuk langkah awal, untuk mendapatkan modal segar, nantinya mampu dikembangkan menjadi suatu perusahaan. Kita bisa merekrut orang lain untuk melaksanakan pekerjaan sesuai keahliannya.

Misalnya kita cuma bisa mencuci dan menyeterika. Bisa kita tawarkan kepada rumah tangga yang sedang tidak ada pembantu untuk membantu mencuci dan menyeterika. Kalau sudah ada pelanggan kita mampu rekrut tenaga pencuci dan penyeterika, dan kita buka usaha laundry kiloan.

Demikian sekelumit acuan usaha serius maupun bisnis aksesori tanpa modal banyak. Yang penting tangkap kesempatannya, thinking out of the box, kreatiflah, dan yang super duper teramat sungguh penting yakni SEGERA MULAI, SEGERA TAKE ACTION.

Karena Percuma punya potensi kalau tidak ditangkap dan digarap. Percuma punya kesanggupan kalau cuma disimpan dan cuma jadi penonton saja.