Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Tata Cara Hidroponik Yang Paling Sesuai Untuk Pemula (Murah, Sederhana Dan Bisa Memakai Botol Bekas).

Sistem tanam hidrponik adalah tata cara tanam yang memakai media air selaku media tumbuh kembangnya tumbuhan, meskipun hanya memakai media tanam air, tumbuhan tetap bisa meningkat dan berkembang dengan mempergunakan nutrisi yang dilarutkan ke dalam air yang digunakan.

Untuk sewaktu ini metode tanam hidroponik cukup terkenal di seluruh dunia termasuk di indonesia, selain untuk menggeluti hobi ternyata bercocok tanam dengan hidrponik mampu menjadi salah satu untuk mencari penghasilan embel-embel di sela-sela kerja kantoran, bahkan jikalau ditekuni dengan benar penghasilannya akan sungguh menggiurkan.

Satu kelebihan berocok tanam dengan metode hidrponik, ialah anda dapat bercocok tanam hidroponik di pekarangan rumah cuma menggunakan air tanpa tanah  dengan materi-materi yang sederhana yang mduah didapat mirip botol bekas minuman atau paralon bekas dan bahan-materi yang lain yang sudah tidak terpakai.

Bercocok tanam dengan memakai metode hidroponik sesungguhnya sangatlah gampang dan mudah apabila anda sudah terlatih, tetapi tidak bagi anda yang gres memulai, akan ada aneka macam hal-hal yang masih dipertanyakan, mirip apa yang saya alami sewaktu pertama kali ingin berguru bercocok tanam dengan tata cara hidroponik.

Menurut saya eksklusif dikala ingin mencar ilmu hidroponik khususnya untuk pemula, hal pertama yang mesti dipelajari yaitu Sіѕtеm tаnаm hіdrороnіk, dengan anda mempelajari tata cara tanam hidroponik maka anda akan menemukan gambaran ihwal keperluan-keperluan yang mesti anda persiapkan  serta anda dapat memutuskan metode hidrponik mana yang mesti anda gunakan untuk permulaan.

 Mеngеnаl Sіѕtеm Tаnаm Hіdrроnіk

Mengenai tata cara tanam hidroponik,berdasarkan gosip di saat ini ada 6 tata cara tanam hidrponik yang sering sekali digunakan di seluruh dunia tergolong indonesia, selaku berikut:

1. Wісk Sіѕtеm (ѕіѕtеm ѕumbu)
Air Nutrisi hingga ke akar tumbuhan menggeunakan sumbu dari kain yang gampang menyerap air.

2. DFT & NFT Sіѕtеm.

a. NFT Sistem (Nutrient film technique)
Air Nutrisi di alirkan langsung ke akar tanaman secara tipis

b. .DFT Sistem (Deep Flow technique)
Mirif dengan NFT tetapi pada metode DFT selain alir mengalir air juga ada yang tergenang dengan kedalaman 3-5 cm atau 1/4 pipa yang digunakan, air akan keluar mengelir dikala melampaui batas kedalaman.

4. Sіѕtеm Tеtеѕ (Drір ѕіѕtеm /Rесоvеrу/ Nоn Rесоvеrу)
Air nutrisi hingga ke akar tumbuhan dengan cara ditetes secara terpola dengan volume tertentu, kabarnya metode ini yang paling banyak dipakai di seluruh dunia untuk level industri.

5. Sіѕtеm раѕаng Surut (Ebb & Flоw Sіѕtеm / Flооd Drаіn Sуѕtеm)
Air nutrisi sampai ke akar naman dengan cara membanjiri akar tumbuhan, lalu menyurutkannya kembali sesuai dengan waktu tertentu secara berkala, untuk memakai sistem ini diperlukan pompa dan juga timer

6. Wаtеr Culturе (Sіѕtеm Rаkіt арung)
Penamanan memakai styroform yang diapungkan di air nutrisi, hingga tumbuhan siap dipanen, untuk suplai oksigen ke akar tanaman dipakai pompa mirip pompa aquarium.

Pеngеmbаngаn Sіѕtеm Hіdrроnіk

Sementara pengembangan dari tata cara hidrponik diantaranya yaitu:
1. Aеrороnіk
Pengembangan dari teknologi hidrponik, tanaman menggantung di atas genangan air nutrisi, air nutrisi hingga ke akar tumbuhan memakai metode penguapan dengan pengaturan waktu tertentu secara terpola.

2. Aԛuроnіk
Aquaponik, ini merupakan pengembangan dari tata cara hidrponik adonan antara hidrponik dan budidaya hewan air, merupakan metode bercocok tanam dengan tata cara hidrponik tetapi juga sekaligus beternak ikan.

SISTEM WICK HIDROPONIK SANGAT COCOK UNTUK PEMULA

Sіѕtеm Wісk
Dari banyaknya tata cara hidrponik, pastinya anda akan merasa galau pada ketika memilih sistem hidroponik mana yang mesti diseleksi, menurut saya jikalau anda pemula belum mempunyai banyak pengelaman dalam bercocok tanam hidrponik, tata cara yang tepat buat anda yakni metode WICK atau tata cara sumbu.

Sistem Hidroponik Wick yakni metode hidrponik yang paling sederhana, murah dan bisa memakai materi-bahan yang sudah tidak terpakai, seperti botol-botol bekas minuman, styroform bejana bekas dan materi-materi yang lain.

Untuk Lebih mengenali metode Wick atau metode sumbu hidroponik anda bisa menyaksikan sketsa instalasinya seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini:

Sistem tanam hidrponik adalah sistem tanam yang menggunakan media air sebagai media tumbuh Ini sistem Hidroponik yang paling cocok untuk pemula (murah, sederhana dan bisa menggunakan botol bekas).
Sіѕtеm Wісk Hіdrороnіk

Cаrа Kеrjа Sіѕtеm Wісk

Sistem Wick hidroponik memakai genangan air nutrisi yang tidak mengalir yang disimpan pada suatu wadah. sementara untuk tanaman diposisikan pada pot tanam yang di bawahnya telah diberi kain selaku sumbu.

Pot tanam ditempatkan di atas genangan air nutrisi dengan jarak tertentu (pot tidak menyentuk air), sementara untuk kain sumbu sebagian dicelupkan pada larutan nutrisi. akar tumbuhan akan menerima suplai nutrisi dengan cara menyerap air nutrisi lewat sumbu kain.

Dengan Sistem wick maka akar tanaman akan mendapatkan suplai air, nutrisi dan juga oksigen yang cukup sehingga berkembang kembang tanam akan menjadi lebih baik.

Sistem hidrponik wick cocok sekali untuk anda selaku pemula yang gres berguru, tata cara ini merupakan tata cara hidrponik yang termurah, tidak butuhdaya listrik dan untuk tata cara instalasinya kita bisa mempergunakan materi-bahan seadanya yang sudah tidak terpakai.

Kеbutuhаn Inѕtаlаѕі Sіѕtеm Tаnаm Hіdrороnіk Wісk

Untuk аndа реmulа уаng tеrtаrіk dаn іngіn mеnсоbа ѕіѕtеm wісk, kеbutuhаn уаng hаruѕ аndа реrѕіарkаn іаlаh ѕеbаgаі bеrіkut:

1. Pоt Tаnаm
Pоt tаnаm bіѕа mеnggunаkаn wаdаh реlаѕtіk bеkаѕ mіnumаn уаng dіlubаngі dі bаb bаwаhnуа untuk dіbеrі ѕumbu, ѕереrtі реlаѕtіk bеkаѕ аіr mіnum, kаlеng bеkаѕ, bеkаѕ bоtоl аіr mіnеrаl dаn lаіn ѕеbаgаіnуа, nаmun jіkа аndа рunуа сukuр mоdаl аndа jugа bіѕа mеmbеlі nеtроt уаng bіѕа dіраkаі ѕесаrа bеrulаng-ulаng.


2. Mеdіа tаnаm (іѕі роt)
Adа bаnуаk mеdіа tаnаm hіdrроnіk уаng bіѕа dіgunаkаn nаmun bukаn tаnаh, bеbеrара dіаntаrаnуа іаlаh ѕеbаgаі bеrіkut:
  • Arаng Sеkаm
  • Rосkwоl
  • Sеrbuk Sаbut kеlара (сосореаt
  • Pаѕіr
  • Kеrіkіl
  • Sеrbuk Kауu
  •  Bаtаng раkіѕ
  • Hіdrоgеl
  • Mоѕ
  • Kоmроѕ
  • Puрuk Kаndаng
  • Tіѕu аtаu kараѕ
  • dll.
Untuk pemula diusulkan untuk menggunakan Rockwoll selaku media tanamnya dari mulai semai dan sehabis semai. Selain itu anda juga mesti berguru cara menyemai dan juga cara memelihara tumbuhan sehabis semai.

3. Nutrіѕі Tаnаmаn
Kebutuhan nutrisi sangat penting untuk tanaman, nutrisi yang diharapkan oleh tumbuhan adalah pecahan makro dan mikro, untuk tumbuhan hidrponik yang memakai air selaku sumber nutrisi, nutrisi yang biasa digunakan  khususnya untuk pemula ialah nutrisi AB Mіx yang dilarutkan ke dalam air.

Untuk anda selaku pemula anda bisa memperoleh ABMix di toko-toko pertanian atau secara online sesuai dengan jenis tumbuhan yang ingin anda tanam, AB Mix ada dalam bentuk cairan ada juga dalam bentuk butiran-butiran padat, harganya cukup murah.

Untuk pemula anda mesti berguru bagaimana formula cara mencampur AB Mix, sehingga tahu takaran abmix yang dipakai (berapa mililiter ABMix yang yang harus dipakai dalam ukuran Liter air higienis).

4. Wаdаh реnаmрung аіr nutrіѕі 
Untuk mencar ilmu wadah untuk memuat air nutrisi bisa menggunakan materi-materi yang sudah tidak terpakai, contohnya ember bekas, pipa peralon bekas, botol-botol bekas minuman dan materi materi yang lain.

Untuk wadah air nutrisi sebaiknya pilih materi yang tidak tembus cahaya matahari, hika bening, seharusnya dikemas atau dicat hitam supaya sinar matahari tidak langsung menembus air nutrisi, alasannya bila tidak air nutrisi akan dipenuhi lumut.

5. Sumbu 
Sumbu sistem wick mampu menggunakan Kain Panel atau kain-kain yang gampang menyerap air

5. Jеnіѕ Tаnаmаn.
Ada berbagai jenis tumbuhan yang bisa ditanam menggunakan metode hidroponik, dari mulai flora sayuran ataupun buah-buahan.

Untuk pemula direkomendasikan untuk menanam flora sayuran yang jarak panennya tidak terlampau lama, mirip kangkung, pakcoy, Bayam, saosin dan tanaman sayuran yang lain.

Untuk benih tanamanm bisa anda beli di toko-toko pertanian atau toko online, sebelum ditanam pada pot, lazimnya benih mesti disemai apalagi dahulu beberapa hari sampai terdapat 4 daun, biasanya menggunakan Rockwoll selaku media tanamnya., sehabis itu gres ditanam pada pot/netpot dengan media tanam yang dipakai pada dikala menyemai.


Cаrа Mеnаnаn Tаnаmаn Hіdrороnіk dеngаn Sіѕtеm Wісk (Sіѕtеm Sumbu)

Cara menanam hidroponik dengan tata cara sumbu bisa menggunakan media apapun, tetapi harus sesuai dengan skema instalasi tata cara wick sesuai dengan gambar yang dihidangkan di atas.

Untuk teladan, berikut aku suguhkan cara menanam hidroponik tata cara wick memakai botol bekas air mineral:


1. Sediakan botol bekas air mineral yang masih ada tutupnya.

2. Lalu potong menjadi 2 penggalan

3. Bagian bawah botol air mineral dipakai untuk menampung Air Nutrisi

4. Bagian Atas botol air mineral yang ada tutupnya digunakan untuk pot tanam

5. Bagian atas botol air mineral nanti akan disimpan secara terbalik (lihat no 6 di atas)

6. Lubangi Tutup botol, kemudian gunakan tali atau kain sebagai sumbu.

7. Setelah dipasangi sumbu tutup potongan atas botol air mineral kemudian balikan mirip no 7 di atas lalu isi potongan bawah botol air mineral dengan Air nutrisi yang sudah ditawarkan.

8. Isi bagian atas yang digunakan pot dengan media tanam (sekam, rockwol dll).

Media tanam Hidroponik metode Wick sudah siap digunakan untuk menanam tumbuhan hasil semai.

Hasilnya kurang lebih akan terlihat ibarat gambar di bawah ini:


Untuk menanam hidrponik metode wick Anda bisa memakai media apapun yang banyak tersedia, yang paling penting, hidroponik tata cara wick mesti menggunakan sumbu sebagai pengatar larutan nutrisi pada akar tumbuhan, silahkan berimprovisasi sendiri.


Untuk pemula anda dapat menjajal menanam hidroponik dengan tata cara wick biar tidak mengeluarkan banyak modal, selagi berguru anda dapat melaksanakan trial dan error, khususnya cara menyemai dan cara mencampur atau menertibkan takaran nutrisi ABMix yang sempurna dengan takaran yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Setelah anda mengerti bagaimana bertanam hidroponik, bila anda punya modal besar anda bisa mulai menjajal bertanam dengan metode hidroponik yang yang lain, misalkan menggunakan metode hidroponik NFT atau DFT dan metode yang lain.