Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Menanam Hidroponik Untuk Pemula (Pakcoy, Kangkung, Bayam, Sawi Dll)

Pemula di dunia hidroponik dan ingin menggeluti menjajal bertanam hidroponik, anda pasti akan memperoleh banyak sekali kebingungan, harus memulainya dari mana dan apa yang mesti dipersiapkan.

Tentunya itu normal, saya percaya hampir semua pemula akan mengalami hal yang serupa, tergolong saya di saat pertama kali mengenal hidroponik pada dikala ingin mencoba menanam hidroponik.

Untuk bertani hidroponik memang ada hal-hal yang mesti dipelajari terlebih dahulu, meskipun tidak harus melulu lewat kursus/pelatihan langsung dari orang terlatih, kita masih bisa mengandalkan membaca postingan-postingan hidroponik yang bertebaran di internet atau melalui video-video youtube yang telah aneka macam tersedia.

Hal pertama yang harus dipelajari ketinga ingin terjun menjadi petani hidroponik ialah mengenal versi atau metode bertanam hidroponik yang banyak digunakan saat ini.

Alasan kenapa mesti mengenal tata cara bertanam hidroponik yaitu biar kita mengetahui, bagaimana cara menaman dengan hidroponik, media serta peralatan yang harus disediakan, alasannya setiap model menggunakan peralatan dan materi-bahan instalasi hidroponik yang berbeda-beda.

Saat ini ada aneka macam metode hidroponik yang sering dipakai di seluruh dunia, beberapa diantaranya yakni:

1. Sіѕtеm Wісk. (cocok sekali untuk pemula)

2. Sіѕtеm NFT dаn DFT

3. Sіѕtеm Rаkіt Aрung

4. Sistem kratky, ibarat metode wick tetapi tidak memakai sumbu.

5. dll...

Sebelum melanjutkan membaca, kalau anda gres pemula, saya sarankan alangkah baiknya sekilas anda baca-baca dahulu dan pahami tata cara-tata cara hidroponik yang sudah saya sebutkan di atas, setidaknya anda akan mendapatkan citra bagaimana cara menanam dan menyiapkan instalasi media tanam untuk setiap metode tersebut.

Yаng hаruѕ dіреlаjаrі ѕеbеlum Mеnаnаm Hіdrороnіk Untuk Pеmulа

Untuk menanam hidroponik nyaris semua jenis sayuran daun dan buah bisa kita tanam dengan metode hidroponik, ibarat contohnya pakcoy, kangkung, bayam, sawi, tomat, cabe, terong ungu dan aneka macam macam sayuran lainnya.

Namun untuk pemula kalau ingin menjajal bertaman hidroponik, alangkah baiknya memilih sayuran daun apalagi dahulu, seperti bayam, kangkung, pakcoy atau sawi, alasannya ialah lazimnya jenis sayuran  darun tersebut tidak terlampau susah menanamnya, setelah itu baru anda dapat mencoba jenis tumbuhan daun dan buah.

1. Pеlаjаrі ѕіѕtеm Inѕtаlаѕі hіdrороnіk уаng сосоk untuk реmulа

Terlepas dari Jenis tumbuhan yang ingin anda tanam secara hidroponik, sebelum menanamnya dengan cara hidroponik, langkah awal yang mesti anda fikirkan ialah jenis instalasi media tanam metode hidroponik yang mau anda pakai.

Saya sarankan untuk pemula anda memakai ѕіѕtеm wісk/ѕіѕtеm ѕumbu, alasanya sih sederhana, dengan metode wick anda dapat memakai barang-barang bekas di rumah anda, sehingga anda tidak butuh modal besar untuk memulainya, selain itu anda akan banyak pengalaman saat mencobanya.

Dari beberapa metode hidroponik yang tersedia, tata cara wick yakni metode yang paling mudah di aplikasikan, murah dan bisa menggunakan barang-barang bekas yang banyak tersedia di rumah seperti botol-botol bekas air mineral, bekas pipa vpc, bekas styrofoam buah dll.

Untuk mengetahui metode wick, berikut saya berikan gambar modul menanam dengan metode wick dari botol bekas


Sistem wick bahu-membahu sungguh sederhana, pada acuan di atas kita menggunakan botol bekas air mineral, tetapi pada kenyataannya sebetulnya anda juga mampu menggunakan barang apapun yang mempunyai sifat serupa. Yang terpenting ialah anda mesti memperlihatkan wadah kawasan air nutrisi digenangkan (apapun mampu anda gunakan), kemudian merencanakan pot tanamnya (mampu menggunakan bekas wadah eskrim, bekas aqua gelas dll),  memberikan sumbu pada pot tanam lalu meletakan pot tanam di atas air nutrisi, sumbu pada pot tanam harus tercelup pada genangan air nutrisi biar air nutrisi sampai pada akar tumbuhan yang kita tanam.

2. Pеlаjаrі саrа mеnуеmаі bеnіh.

Jika anda telah memastikan jenis sayuran yang ingin anda tanam, berikutnya anda mesti mempelajari cara menyemai benih, sesuai dengan sayuran yang ingin anda tanam.

Penyemaian lazimnya memakai Rockwool yang dapat kita beli di toko-toko perlengkapan hidroponik, atau bisa juga memakai busa, tisu atau kapas, media tersebut digunakan untuk meletakan benih hingga benih meningkat .

Penyemaian memang kelihatan mudah, tetapi pada praktiknya bisa saja anda akan banyak mengalami kegagalan alasannya belum tahu tekniknya. mirip misalnya, kutilang (kurus tinggi langsing) alasannya semaian kurang sinar matahari, benih menjadi bacin, dan lain sebagainya. oleh sebab itu penyemaian yakni hal penting yang mesti anda pelajari dengan baik dan benar.

3. Pеlаjаrі саrа mеlаrutkаn рuрuk nutrіѕі hіdrороnіk.

Sistem hidroponik tidak memakai tanah, namun menggunakan media air untuk sumber nutrisi meningkat kembangnya tanaman, air tersebut yakni campuran air baku dan nutrisi yang diharapkan oleh flora.

Nutrisi flora hidroponik sesungguhnya mampu saja kita buat sendiri namun sedkit rumit perhitungannya, untuk dikala ini anda bisa tunda dahulu itu. agar lebih mudah anda mampu beli nutrisi hidroponik dengan nama pupuk ABMIX yang bisa kita beli di toko pertanian atau toko hidroponik di online maupun offline.


Pupuk ABMix biasanya berupa  serbuk yang terdiri dari 2 Macam A dan B, ada juga yang cair, pupuk serbuk tersebut sebelum digunakan masing-masing  mesti dicampurkan dengan Sejumlah Liter air baku sesuai dengan intruksi pada bungkusnya, larutan tersebut disebut Larutan INDUK.

Jangan lupa pada dikala membeli pupuk ABMIX anda harus menyesuaikan dengan Jenis Tanaman yang ingin anda tanam, sebab ABMix ini bermacam-macam, ada untuk daun, buah ada juga untuk daun dan buah.

Untuk menciptakan larutan Nutrisi untuk tumbuhan yang kita tanam, takarannya mesti menyesuaikan dengan Jumlah PPM yang dijelaskan di bungkus ABMIx tersebut.

Umumnya adonan air nutrisi itu yakni 5ml pupuk  + 5ml pupuk B + 1 Liter Air menciptakan 1.000 PPM.

Takaran di atas tinggal disesuaikan saja dengan keperluan PPM yang kita harapkan sesuai dengan tumbuh kembang tumbuhan.

Kebutuhan PPM biasanya diubahsuaikan dengan usia tumbuhan, kita mesti menyampaikan larutan nutrisi pada tumbuhan secara sedikit demi sedikit sesuai dengan jenis tanaman yang kita tanam.

Untuk mengetahui kebutuhan PPM tiap minggunya, kita mampu cari di internet tаblе PPM untuk tanaman yang anda tanam.


4. Pіlіh ѕауurаn (раkсоу, kаngkung, ѕаwі аtаu bауаm) untuk dіtаnаm bаgі реmulа.

Setelah anda memahami cara menciptakan talang instalasi flora hidroponik anda, tahu cara menyemai benih dan juga tahu cara melarutkan nutrisi, maka berikutnya tinggal menentukan jenis tumbuhan yang ditanam, untuk pemula sebaiknya memilih tumbuhan daun mirip sayuran pakcoy, bayam, sawi atau kangkung, karena sayuran daun simpel sekali pemeliharannya.

Bibit sayuran tersebut mampu kita beli di toko-toko pertanian, baik yang online maupun offline, aneka macam tersedia dengan harga terjangkau. pilih bibit-bibit yang sudah dipack ulang (repack) biar harganya tidak terlampau  mahal dan kita mampu menentukan lebih dari satu paket sayuran dengan harga yang tidak terlalu mahal.


Cаrа Mеnаnаm Hіdrороnіk Untuk Pеmulа.

Sebelum menekuni ke dunia hidroponik dan ingin memulai, sebaiknya anda telah mengenali instalasi metode hidroponik yang ingin anda pilih, cara menyemai dan juga cara meracik larutan nutrisi.

Jika dasar-dasar ilmu hidroponik di atas telah anda pahami dengan benar, selanjutnya anda dapat memulai untuk menanam dengan metode hidroponik.

1. Sіарkаn tаlаng іnѕtаlаѕі

Misalkan saja untuk pemula kita siapkan talang instalasi sistem wick dari botol bekas dan semacamnya.

2. Sеmаі bеnіh.

Untuk menyemai benih, untuk pemula lebih baik menggunakan rockwool, teknik semai benih bermacam-macam, selain itu periode berkembang benih juga beragam tergantung dari jenis tumbuhan yang ditanam.

Benih biasanya diletakan pada rockwool yang sudah dibasahi hingga benih pecah, sehabis pecah benih mesti mendapatkan sinar matahari yang cukup supaya benih tidak kutilang.

Setelah benih berkembang 4 daun (2 daun forum dan 2 daun sejati), maka benih mampu kita pindahkan sekaligus dengan rockwoolnya ke dalam media tanam yang sudah disiapkan bersama talang instalasinya.

3. Pеmbеrіаn nutrіѕі

Pemberian nutrisi lazimnya bisa dilaksanakan, pada dikala benih dipindahkan dari semaian ke media tanam di talang instalasi yang sudah disiapkan.

Pemberian nutrisi lazimnya dikerjakan secara bertahap dari mulai nurtisi dengan nilai PPM kecil sampai nutrisi dengan nilai PPM maksimal sesuai dengan yang diperlukan oleh tumbuhan yang kita tanam.

Pemberian nutrisi dengan menyebarkan PPM nya lazimnya dilaksanakan setiap Minggu begitu seterusnya hingga tumbuhan siap dipanen.

4. Pаnеn

Usia tumbuhan hingga panen juga bermacam-macam sesuai dengan jenis tumbuhan yang kita tanam, ada yang di bawah 1 bulan ada juga yang 1 bulan bahkan ada juga yang lebih dari satu bulan diubahsuaikan dengan jenis tumbuhan yang kita tanam.

Untuk mengetahui usia setiap tumbuhan kita bisa cari dan download di internet table dukungan nutrisi tumbuhan hidroponik hingga panen.