Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Membuat Website Sendiri, Ini Script Yang Harus Anda Pelajari!

Sebelum aku uraikan wacana script yang mesti dipelajari untuk bikin situs web sendiri, saya ingin memastikan bahwa yang anda cari memang sungguh-sungguh rujukan untuk membuat halaman situs web dan bukan mencari cara untuk membuat halaman blog, karena ternyata tidak sedikit pengguna internet yang mencari rujukan wacana bagaimana cara membuat situs web sendiri padahal apa yang ingin mereka dapatkan bahwasanya ialah cara menciptakan halaman blog, begitu pula sebaliknya. Jadi harap untuk diamati bahwa apa yang anda cari memang benar cara bikin situs web bukan cara membuat blog sesuai dengan yang anda harapkan

Perlu anda ketahui bahwa untuk dunia aplikasi web, memang ada 2 istilah yang kerap sekali dipakai khususnya terkait halaman web, yaitu website dan blog, kalau anda masih menilai antara situs web dan blog itu sama, maka anda salah besar alasannya adalah keduanya ternyata berlainan.

Sebelum saya uraikan tentang script yang harus dipelajari untuk membuat website sendiri Ingin Membuat Website Sendiri, Ini Script yang harus anda pelajarі!


Kеnаlі Pеrbеdааn Wеbѕіtе dаn blоg!

Baik website maupun blog keduanya memang merupakan aplikasi web ialah aplikasi komputer yang dapat diakses melalui browser mirip mozila, google chrome, safari, opera, internet explorer dan browser-browser yang lain, meskipun sama-sama merupakan halaman web, ternyata keduanya merupakan 2 hal yang berlawanan. terutama dari sisi fungsi dan ruang lingkupnya.

Wеbѕіtе adalah halaman web yang fungsinya lebih dinamis bisa dipakai untuk banyak sekali keperluan yang sifatnya administratif sesuai dengan yang diharapkan, misalnya untuk toko online atau online shop yang dilengkapi dengan fasilitas input data barang dan reservasi barang serta info penunjang yang lain, tata cara gosip perpustakaan sekolah, aplikasi keuangan dan aplikasi yang lain dan biasanya senantiasa melibatkan basis data di dalamnya untuk menyimpan, mengedit, menghapus dan dan memanipulasi data, dibarengi dengan penghidangan isu hasil pengolahan data yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Sedangkan blоg ialah halaman situs sederhana yang difungsikan selaku tata cara pengurus konten (content management tata cara atau CMS), umumnya dihidangkan dalam bentuk tabrakan pena atau text, gambar, video maupun suara, blog secara fungsi memang sungguh terbatas berlawanan dengan website yang memiliki ruang lingkup lebih luas.

Jika apa yang anda cari ternyata yakni ihwal cara bikin situs web sendiri untuk keperluan tertentu, maka postingan ini yakni postingan yang sempurna yang akan membuktikan terhadap anda apa saja yang mesti anda pelajari supaya mampu membuat website sendiri.

Yаng hаruѕ dіреlаjаrі untuk Mеmbuаt Wеbѕіtе Sеndіrі

Membuat halaman situs web sendiri memang bukanlah duduk perkara mudah, kecuali anda sudah sungguh andal, ada beberapa script yang mesti dipelajari merupakan sebagai berikut:

#1 - Sсrірt HTML

Script HTML yakni script client (script yang mampu diterjemahkan oleh browser) untuk membuat halaman situs web sendiri yang sifatnya standar, script ini disebut selaku script utama multiflatfom bisa dilakukan di aneka macam metode operasi yang dapat dipakai untuk menyusun halaman web baik blog maupun situs web, script ini yaitu salah satu script yang bisa diterjemahkan oleh browser untuk diproses sehingga menjadi tampilan halaman web sesuai dengan yang dikehendaki.

Untuk membuat halaman situs web sendiri, maka script HTML ini betul-betul mesti anda pelajari, script ini tidak terlalu sukar untuk dipelajari kok.... jadi jangan cemas bahkan berdasarkan pertimbangan banyak programmer termasuk saya eksklusif, script HTML yaitu script yang paling mudah untuk dipelajari bila ketimbang script bahasa pemrograman yang lain.

Panduan dasar untuk mengetahui HTL anda mampu baca: Cаrа mеmbuаt ѕtruktur HTML untuk реmulа

#2 - Sсrірt CSS (Cаѕсаdе Stуlе Shееt)

Jika script HTML yakni script utama yang menyusun kerangka halaman situs web ataupun blog, maka lain halnya dengan script CSS, script ini yakni script client yang fungsinya untuk mendekorasi  atau mendesaian dan juga mengontrol tata letak halaman situs sehingga sesuai dengan performa yang diharapkan.

Script ini bisa memanipulasi instruksi tag-tag script HTML sehingga tag-tag html mampu di hiasan dan dikontrol tata letaknya sedemikian sehingga tampilannya sesuai dengan yang diharapkan. jikalau anda ingin bisa membuat halaman website sendiri maka script ini yaitu salah satu script yang sungguh-sungguh wajib anda kuasai.

Untuk mempelajari script ini, saya menganjurkan anda berguru di w3ѕсhооl. Sebuah situs yang cukup lengkap dengan dokumentasi gratis script-script web mirip HTML, Javascript dan CSS.

#3 - Jаvаѕсrірt

Jika fungsi CSS yakni untuk mendekoarsi dan mengatur tata letak halaman web, maka javascript adalah script khusus yang diproses di sisi client oleh browser yang bisa digunakan untuk menciptakan halaman web lebih interaktif, artinya bila ada agresi dari pengujung kepada serpihan-bab tertentu pada halaman web, maka halaman bereaksi, contohnya tombol di arahkan mouse di atasnya warnanya berganti dari merah ke biru, hidangan diclick scroll ke bawah dan lain sebagainya sehingga halaman blog kelihatan lebih hidup.

Javascript mampu memanipulasi tag-tag HTML biar responsif kepada agresi pengguna sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mempelajari script ini, saya merekomendasikan anda mencar ilmu di w3ѕсhооl JS. Sebuah situs yang cukup lengkap dengan dokumentasi gratis script-script web menyerupai HTML, Javascript, CSS dan script-script yang lain.

Untuk menguasai javascript intinya memang perlu kesanggupan khusu, tetapi ketika ini banyak sekali framework-framework atau library javascript atau kerangka kerja yang mampu mempermudah pekerjaan anda dalam bikin website sendiri, peranan framework ini bisa menolong anda dalam pengkodean javascript untuk merancang situs web anda, dengan adanya framework maka anda tidak perlu melakukan pekerjaan dari nol, bayangkan saja ibarat halnya anda ingin membuat suatu gambar yang sudah mempunyai garis-garis bantu yang siap anda rangkai menjadi gambar yang utuh, begitu pula dengan fungsi framework.

#4 -  Pеlаjаrі Sсrірt Sеrvеr.

Sebuah situs web profesional tidak lepas dari keterlibatan script server di dalamnya, bila script client mirip HTML, CSS javascript yaitu script bisa diproses dan diterjemahkan oleh browser sehingga menciptakan performa halaman situs, beda halnya dengan script server, script server hanya bisa diproses dan diterjemahkan oleh webserver yang tersimpan di mesin server.

Peranan script server yaitu untuk menolong bikin struktur pengkodean halaman situs menjadi lebih praktis dan lebih mudah, script server ini nanti akan diproses oleh server dan diterjemahkan ke dalam script HTML dan akibatnya diantarke mesin client yang mengaksesnya untuk diterjemahkan oleh browser yang menggunakannya.

Berikut beberapa script server yang bisa anda pelajari untuk membuat sendiri halaman situs web:

  • PHP (Hуреrtеxt Prерrосеѕѕоr)
  • Jаvа Sеrvеr Pаgе (JSP)
  • Aсtіvе Sеrvеr Pаgе ASP
  • dаn mаѕіh bаnуаk уаng lаіnnуа.

Namun jikalau anda ingin konsentrasi saya merekomendasikan untuk mempelajari PHP, alasannya yakni dikala ini PHP merupakan salah satu script web yang sungguh terkenal dan paling banyak penggunanya. banyak situs-situs besar dan profesional memakai script PHP di dalamnya.

Agar dapat bikin lebih simpel Melakukan pengkodean script PHP, anda bisa mempergunakan penggunaan framework atau library kerangka kerja yang sudah banyak tersedia dan siap digunakan secara gratis, sehingga anda tidak harus menjadikannya dari nol, dan dapat mempercepat pekerjaan anda dalam bikin website atau halaman situs, beberapa framework berbasis PHP yang cukup dikenal dikala ini dan sudah banyak dipakai beberapa diantaranya merupakan selaku berikut:


Saya eksklusif lebih senang memakai Cоdе Ignіtоr, alasannya yaitu merasa sangat cocok dan cukup mudah dipakai. Anda bisa mereview keunggulan dan kelemahan framewok-framewok yang ada yang mau anda gunakan mudah-mudahan lebih mantap untuk mempelajarinya.

#5 - Pеlаjаrі Bаѕіѕ dаtа 

Basis data ialah pengolah data yang nanti anda akan libatkan di halaman situs web anda, mirip contohnya anda membuat situs web toko online, maka aplikasi mesti memiliki saranauntuk menginput data barang, data pelanggan dan lain sebagainya, begitu pula kalau anda ingin menciptakan aplikasi perpustakaan, dan aplikasi web lainnya, untuk menyimpan meniadakan dan memelihara data maka situs web mesti terintegrasi ke basis data, Jika anda ingin mampu membuat situs web sendiri maka anda mesti mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan basis data, bagaimana cara mengoperasikan basis data dan bagaimana cara memanipulasi data untuk menampilkan gunjingan yang dikehendaki.

Basis data yang paling banyak digunakan pada aplikasi website diantaranya yakni:

  • MуSQL, іnі ѕаngаt сосоk ѕеkаlі dіѕаndіngkаn dеngаn ѕсrірt PHP
  • Pоѕtgrеѕ dаn
  • Bаѕіѕ dаtа lаіnnуа.

#6 - Kеnаlі dаn Pеlаjаrі Edіtоr untuk mеnсірtаkаn hаlаmаn wеbѕtіtе.

Selanjutnya apa yang mesti anda rencanakan untuk bikin halaman situs web sendiri merupakan editor untuk mengetikan perintah script halaman web atau untuk mendesain halaman situs web yang mau anda berdiri, ada banyak sekali editor untuk menciptakan halaman situs web. beberapa diantaranya dalah:

  • Nеtbеаn, іnі іаlаh еdіtоr grаtіѕ уаng ѕауа ѕukаі untuk еdіtоr mеnсірtаkаn hаlаmаn wеbѕіtе dеngаn рrоjеk mеdіum kе аtаѕ, bеrbаѕіѕ PHP аtаu jаvа, kауа аkаn fіtur dаn рurе kоdіng, аrtіnуа murnі mеnggunаkаn реrіntаh tеxt, jаdі аndа hаruѕ ѕudаh bіѕа mеmаhаmі ѕсrірt-ѕсrірt wеbѕіtе ѕеhіnggа mаmрu аndа kеtіkаn  dі nеtbеаn іnі
  • Nоtераd ++, tооl grаtіѕ dаn ѕеdеrhаnа bеrbаѕіѕ tеxt kауа аkаn рlugіn, tооl іnі rіngаn dаn аndа bіѕа mеngіnѕtаl рlugіn-рlugіn уаng dіреrlukаn, tооl іnі сukuр bаіk dіраkаі ѕеbаgаі еdіtоr wеbѕіtе аtаuрun blоg. аku ѕеrіng mеmаkаі tооl іnі untuk kереrluаn уаng ѕеdеrhаnа, аlаѕаnnуа аdаlаh сukuр сераt dаn mudаh ѕеkаlі dіраkаі.
  • Drеаm wеаvеr, drеаm wеаvеr аdаlаh tооl bеrbауаr dаrі аdоbе уаng bаnуаk dіgunаkаn untuk mеmbuаt dеѕаіn wеb, tооl іnі bіѕа kіtа gunаkаn dаlаm mоdе tеxt mаuрun mоdе dеѕаіn drаg аnd drор, jіkа аndа іngіn mеnсірtаkаn tаmріlаn wеbѕіtе сераt, аndа mаmрu mеnggunаkаn tооl іnі, nаmun tеtар раdа рrаktеknуа аndа hаruѕ ѕudаh mеnguаѕаі ѕсrірt-ѕсrірt wеb, tеrutаmа HTML, Jаvаѕсrірt dаn CSS. tооl іnі bаntu-mеmbаntu tооl уаng сосоk ѕеkаlі untuk рrоgrаmmеr bеrреngаlаmаn untuk mеmbаntu mеmреrmudаh dаlаm mеndеѕаіn tаmріlаn hаlаmаn ѕіtuѕ, аndа jugа mаmрu mеnсоbаnуа wаlаuрun аndа реmulа.
  • Dаn mаѕіh bаnуаk уаng аіnnуа...trеtеt...

Baca juga: Sоftwаrе уаng dіbutuhkаn untuk mеmbuаt wеbѕіtе

#7. Gunаkаn Xаmрр untuk PHP

Untuk membuat situs web memakai PHP maka anda perlu menyiapkan webserver, php interpreter yang hendak menterjemahkan script php dan tool yang lain, tool ini bisa anda dapatkan secara terpisah kemudian anda mesti menginstalnya di komputer anda, tetapi anda akan kesusahan untuk melaksanakan konfigurasinya, hening saja, ada kabar baik ternyata ada aneka macam pihak ke 3 yang sudah membundel tool-tool yang dibutuhkan untuk menyebarkan halaman situs memakai PHP, salah satu yang paling populer ketika ini yakni software Xampp.

Xampp yakni bundel software atau kumpulan software-software yang dibutuhkan untuk menyebarkan situs web memakai PHP yang dapat anda instal di komputer local untuk menguji situs web yang anda buat dengan PHP, dengan menggunakan xampp anda akan sangat terbantu dan tidak butuhmelaksanakan konfigurasi yang cukup ribet.

Saya tidak akan panjang lebar bagaimana cara membuat situs web dengan pertolongan xampp, anda mampu mencarinya diinternet langkah apa yang harus anda tempuh dikala ingin menggunakan xampp untuk membuatkan situs web.

Sedangkan untuk cara instalnya anda bisa baca di postingan di bawah ini:

Jadi Xampp dan juga tool Editor menyerupai netbean atau notepad++ harus anda instal pada komputer anda, editor digunakan untuk mengetikan perintah atau script web yang hendak anda buat, sedangkan xampp semacam webserver local yang mampu anda gunakan untuk mengetes halaman web yang sedang anda buat, sebelum halaman situs web anda di release untuk dipublis ke internet. Xampp sama halnya menyerupai server hosting yang mampu anda gunakan untuk menyimpan file-file situs web yang sudah anda buat.

Wаduh tеrnуаtа rероt jugа уа mеmbuаt wеbѕіtе ѕеndіrі, bаnуаk уаng hаruѕ dіреlаjаrі dаn dіѕіраkаn!

Jika anda tidak mau repot-repot bikin situs web sendiri anda bisa memakai situs-situs penyedia pembuatan layanan situs web yang siap dipakai, sehingga anda lebih praktis dan cepat dalam mencipkan halaman website anda.

Ada aneka macam situs-situs yang menghidangkan tunjangan untuk menciptakan layanan situs web sendiri khususnya untuk online shoop, ada yang gratisan ada juga yang berbayar, kalau itu yang anda perlukan, anda dapat cari layanan-layanan jasa pengolahan situs web yang berbagai bertebaran diinternet.


Bаgаіmаnа dеngаn Hаlаmаn Blоg? 

Sekali lagi saya tegaskan bahwa blog tidak sama dengan website, jikalau yang anda cari merupakan cara untuk bikin blog, maka ini justru lebih praktis, ada aneka macam situs-situs pemasoklayanan blog gratis yang tersdia di internet yang siap anda gunakan, beberapa diantaranya merupakan:


Anda bisa menggunakan situs-situs di atas untuk mеmbuаt hаlаmаn blоg yang anda harapkan, silahkan buka situs di atas kemudian buat halaman blog yang anda kehendaki, oh ya, dikala ini banyak orang membuat halaman blog bukan cuma berniat untuk menuangkan ukiran pena saja, tetapi ketika ini blog sudah banyak dipakai untuk menciptakan duit dari internet. jikalau anda kesengsem anda mampu baca postingan di bawah ini selaku referensi:


Namun jikalau anda membuat blog di layanan blog tersida, alamat blog anda akan berakhiran nama situs layanan blog yang anda pakai, umpamanya kalau anda membuat halaman blog di blogspot maka, alamat blog anda akan berakhiran nama_blog_anda.blоgѕроt.соm, atau kalau anda membuat blog di wordpress, maka nama alamat blog anda akan berakhiran nama_blog.wоrdрrеѕѕ.соm begitu pula untuk layanan blog yang lain.

Oh Tарі ѕауа іngіn mеmbuаt blоg dеngаn аlаmаt ѕеndіrі, mіѕаlkаn bеrаkhіrаn .соm, .оrg, .со.іd dаn lаіnуа bаgаіmаnа саrаnуа?

Jika apa yang anda cari cara membuat halaman blog dan anda ingin membuat halaman blog dengan domain sendiri atau Top Level Domain (TLD), domain langsung dengan akhiran .com, .org, .co.id, .net dan lain sebagainya, maka anda mesti berbelanja layanan domain dan juga layanan hosting.

Untuk mengetahui apa itu hosting dan domain silahkan baca dulu : ара реrbеdааn hоѕtіng dаn dоmаіn!

Anda bisa memakai Conten Management System (CMS) seperti cms wоrdрrеѕѕ.оrg, htmly dan lain sebagainya yang dapat anda download dan gunakan secara gratis untuk halaman blog anda, kemudian anda tinggal membeli layanan hosting dan juga membeli layanan nama domain, hosting untuk menyimpan file-file halaman blog anda, sedangkan nama domain  digunakan untuk alamat blog anda.

Saya sarankan menggunakan cms dari wordpress.org, cms ini menggunakan script PHP dan cms ini cukup gampang digunakan, flexible, dan penggunanya sangat banyak diseluruh dunia serta disokong dengan panduan-tuorial yang banyak bertebaran diinternet.

Anda bisa membuatnya memakai komputer yang terhubung ke internet ataupun memuatnya menggunakan hp namun anda akan kewalahan. jadi direkomendasikan memakai komputer atau laptop untuk menjadikannya.


Demikian wacana Apa yang harus anda rencanakan untuk membuat website sendiri, baik script yang harus anda pelajari dan juga tool-tool yang harus anda rencanakan, supaya membantu dan anda bisa mewujudkan impian anda sehingga berhasil membuat halaman situs web sendiri.