Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Perbedaan Hosting Dan Domain Secara Lengkap?

Hоѕtіng dаn Dоmаіn sebetulnya merupakan ungkapan jaringan yang sering dipakai pada dunia jaringan komputer terutama jaringan internet, kedua istilah tersebut yaitu 2 hal yang berlainan namun saling memiliki keterkaitan yang sungguh erat dan tidak bisa dipisahkan.

Semua praktisi jaringan atau orang yang selalu terjun di dunia administrasi jaringan internet niscaya tidak gila dengan perumpamaan tersebut, mereka tau persis ара уаng dіmаkѕud dеngаn hоѕtіng, dan ара уаng dіmаkѕud dеngаn jаrіngаn, bahkan mereka juga sungguh paham perihal реrbеdааn hоѕtіng dаn dоmаіn ѕесаrа lеngkар, tetapi untuk orang awam yang jarang sekali terjun di dunia jaringan komputer secara langsung, tentunya kedua ungkapan tersebut yakni ungkapan gila yang kurang mereka ketahui, oleh alasannya yakni itu di artikel kali ini saya akan coba jelaskan mengenai apa itu hosting dan apa itu domain?.

 sebenarnya adalah istilah jaringan yang sering digunakan pada dunia jaringan komputer ter Memahami Perbedaan Hosting dan Domain secara Lengkap?

Saya merasa terpancing untuk menerangkan ini alasannya beberapa waktu yang kemudian saya mendapatkan pertanyaan dari seorang blogger ihwal kedua perumpamaan tersebut, ia ceritanya ingin mengupgrade atau melakukan custom domain, mengubah  alamat situsnya supaya bisa mempunyai alamat langsung dan tak mauberakhiran .blogspot.com, tetapi ingin berakhiran .com, .net, .org dan jenis top level domain yang lain, ia kebetulan mempunyai petunjuk bahwa untuk mengganti alamat situs menjadi domain eksklusif mesti berbelanja hosting dan domain namun belum terlalu paham, sebab pusing alhasil dia mencari tau wacana kedua ungkapan tersebut salah satunya dengan mengajukan pertanyaan terhadap aku.

Pertanyaan seperti itu mungkin saja pertanyaan yang sama yang ingin anda pahami, jadi saya putuskan saja untuk membuat artikelnyal supaya siapapun anda yang kebetulan sedang mencari berita yang serupa tentang perbedaan hosting dan domain, dengan artikel ini mudah-mudahan mampu membantu mereka mengerti kedua istilah tersebut.

Mеmаhаmі Pеrbеdааn Hоѕtіng dаn Dоmаіn Sесаrа lеngkар

Berikut saya uraikan tentang ungkapan hosting dan domain

1. Aра іtu Hоѕtіng?

Hosting yaitu ungkapan yang sering digunakan untuk daerah penyimpanan data komputer berbentukfile dalam bentuk gambar, teks video dan lain sebagainya yang bisa diakses dan digunakan dengan gampang melalui jaringan internet, server hosting lazimnya dalam bentuk berupa sebuah mesin komputer yang memiliki spesifikasi hardware paling baik

Komputer tersebut biasanya disebut selaku komputer server yang mempunyai sumber daya yang sungguh mendukung, dilengkapi dengan tata cara operasi khusus dan juga aplikasi yang mampu menunjang kinerja server dan bisa berlangsung tanpa henti secara terus menerus..

Komputer server untuk file hosting bisanya disimpan di data center yang dilengkapi dengan suplai listrik yang elok, dan eksklusif terhubung dengan jaringan internet yang mempunyai kecepatan tinggi, sehingga mampu mengcover koneksi atau ajakan layanan komputer client dalam jumlah yang sungguh banyak.

Oh ya Jika hosting tersebut dipakai untuk  menyimpan file-file dan aset halaman web, maka bisa disebut dengan  wеb hоѕtіng, untuk mempunyai web hosting biasanya anda mesti menyewanya dengan harga tertentu yang besar kecilnya sungguh tergantung sekali dengan spesifikasi hardware dan layanan aplikasis server yang dipilih.

2. Aра іtu Dоmаіn?

Sedangkan domain yakni nama alamat untuk mengakses halaman situs yang mudah diketahui selaku pengganti alamat IP address komputer dalam jaringan dan akan mengarah ke alamat IP server hosting. Ketentuan nama domain lazimnya diatur oleh tubuh regulasi domain dunia, nama domain biasanya berakhiran:
  • .соm
  • .nеt
  • .со.іd
  • .оrg
  • dаn lаіn ѕеbаgаіnуа

Untuk memiliki nama domain pribadi anda mesti membelinya ke jasa penyedia layanan hosting dan domain yang banyak sekali bertebaran di internet. Untuk nama domain harganya akan sungguh diputuskan oleh jenis domain yang dipilih.


Aраkаh аku hаruѕ mеmbеlі lауаnаn hоѕtіng dаn jugа nаmа dоmаіn Jіkа іngіn Mеmіlіkі hаlаmаn ѕіtuѕ/blоg ѕеndіrі?

Untuk mempunyai halaman situs atau halaman blog sendiri maka anda wajib berbelanja nama domain, sedangkan hosting tergantung dari halaman situs atau blog yang anda pilih, kalau halaman blog yang ingin anda jadikan situs pribadi  berawal dari halaman blog gratisan, sebut saja mirip blogspot.com, wordpress.com, mywapblog.com, tumblr.com dan lain sebagainya, maka hosting tidak butuhanda sewa, alasannya yakni untuk layanan blog gratisan yang akan di upgrade menjadi situs top level domain (domain pribadi dengan akhiran .com, .org, .net dll) biasanya sudah di hosting di server milik layanan blog tersebut, ibarat contohnya blogspot, ini sudah dihosting di server milik google, begitu juga layanan blog yang lain.

Apa yang harus kita rencanakan jika ingin upgrade atau custom domain dari yang tadinya memakai alamat domain gratisan menjadi alamat domain langsung, maka anda cukup berbelanja nama domain saja, kemudian lakukan konfigurasi domain biar nama alamat domain anda mengarah ke halaman blog anda yang sebelumnya halaman blog gratisan.

Silahkan baca: Cuѕtоm dоmаіn dаrі blоgѕроt mеnjаdі dоmаіn еkѕkluѕіf dі dеwаwеb.соm

Kaprikornus kebutuhan akan ѕеrvеr hоѕtіng untuk halaman situs atau halaman blog langsung anda akan sungguh tergantung sekali dengan flatform blog yang anda pilih, jikalau halaman blog yang mau anda gunakan yakni bikinan anda sendiri, atau menggunakan Conten Manajemen system (CMS) gratisan seperti, CMS wordpress.org, joomla, dan lain-lain, maka anda harus menyewa hosting dan juga nama domainnya satu paket.

Hosting akan dipakai untuk menyimpan file-file halaman web dan juga asetnya (file gambar, video, music dll), sedangkan nama domain digunakan selaku alamat yang digunakan untuk mengakses halaman blog atau situs tersebut.

Dіmаnаkаh ѕауа mаmрu mеmbеlі lауаnаn hоѕtіng dаn dоmаіn?

Jika tak maurepot dan ingin cara mudah maka untuk mempunyai hosting dan juga nama domain sendiri anda dapat menyewanya di situs-situs yang menyuguhkan layanan hosting dan juga domain, ada banyak sekali situs-situs penyuplailayanan hosting dan doman, baik di dalam negeri maupun di mancanegara, bebrapa diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • іdwеbhоѕt.соm
  • dеwаwеb.соm
  • mеtrоwоrldhоѕt.соm
  • іndоwеbѕіtе.nеt
  • nаmесhеар.соm
  • hоѕtgаtоr.соm
  • dll

Ada ribuan penyedia layanan hosting dan domain, yang banyak tersebar di internet, bila ingin menyewanya anda harus menentukan nama penyuplailayanan yang memang memiliki reputasi yang anggun dan juga layanan yang memuaskan.

Untuk menyewanya anda tinggal kunjungi saja situs layanan hosting dan domain tersebut, anda tinggal ikuti tahapannya, harga yang disediakan oleh masing-masing layanan bervariatif tergantung dari jenis nama domain (.com, .org, .net dll) dan tergantung juga pada spesifikasi server hosting yang dipilih.