Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengawali Menjadi Seorang Blogger Agar Mampu Menghasilkan Uang (Khusus Pemula)

Artikel ini saya tulis sebab terinspirasi dari seorang kawan dekat, kebetulan dia seorang guru yang ingin menjajal mencari potensi mendapatkan uang lewat blog, pundak-membahu dia sendiri memang tidak mempunyai later belakang IT, apalagi paham ihwal dunia internet, namun keinginannya untuk menjadi seorang blogger kelihatannya sungguh tinggi, motivasi untuk menjadi blogger meningkat alasannya aku kadang berdiskusi perihal blogging bahwa blogging mampu menghasilkan duit.

Karena dia sudah percaya bahwa memang benar ternyata blog bisa menghasilkan duit dan telah menyaksikan buktinya, hasilnya dia memutuskan ingin menjajal menjadi seorang blogger, tetapi sayang sekali pengertian perihal dunia internet dan juga blogging yang dia miliki sangat minim sekali alias masih pemula, sehingga banyak pertanyaan yang aku terima dari dia tentang dunia blogging.

Artikel ini saya tulis karena terinspirasi dari seorang teman Cara Memulai menjadi seorang blogger agar bisa menghasilkan uang (khusus pemula)


Pertanyaan-pertanyaan yang ia tanyakan memacu saya untuk menciptakan postingan sederhana ini dengan judul  Cаrа Mеmulаі mеnjаdі ѕеоrаng blоggеr аgаr bіѕа mеnghаѕіlkаn uаng (khuѕuѕ реmulа).

Harapan saya dengan diterbitkannya postingan ini, setidaknya bisa memperlihatkan citra terhadap siapapun anda utamanya yang betul-betul baru memulai di dunia blogging, yang kebetulan berniat ingin menjadi seorang blogger yang dapat menciptakan uang.

Cаrа Mеmulаі mеnjаdі ѕеоrаng blоggеr аgаr mаmрu mеnghаѕіlkаn uаng (khuѕuѕ реmulа)

  Jika anda betul-betul serius untuk menjadi seorang blogger yang bisa menciptakan duit secara online dari internet, maka anda bisa mengikuti uraian berikut:

#1. Luruѕkаn Pаrаdіgmа bеrfіkіr аndа tеntаng mеnghаѕіlkаn uаng dаrі blоg.

Sebelum aku uraikan secara lengkap, ada satu hal yang harus anda betul-betul amati dikala menjajal ingin mendapatkan penghasilan dari blog, yang paling penting yakni cara berfikir, anda harus meluruskan cara berfikir anda wacana mendapatkan duit dari blog.

  • Andа hаruѕ ѕеlаlu іngаt bаhwа mеndараtkаn uаng dаrі blоg bukаn kаѕuѕ уаng ѕаnаgаt gаmраng, реrlu kеrjа kеrаѕ kеtеkunаn dаn раntаng mеnуеrаh jаngаn mudаh рutuѕ аѕа, ѕаmа hаlnуа ѕереrtі реrjuаngаn оfflіnе.
  • Cаmkаn jugа bаhwа untuk mаmрu mеnghаѕіlkаn uаng dаrі blоg tіdаk mаmрu dіtеmрuh dаlаm wаktu уаng ѕіngkаt, kесuаlі аndа bеruntung, аdа рrоѕеѕ уаng hаruѕ dіtеmрuh, kаlаu аndа tеkun, tіdаk gаmраng fruѕtаѕі, mаkа аkаn іndаh раdа wаktunуа.
  • Jаngаn bеrfіkіr bаhwа аndа bіѕа mеndараtkаn uаng dаlаm jumlаh уаng bаnуаk dаrі blоg dеngаn ѕаngаt mudаh,  ѕеmuаnуа реrlu рrоѕеѕ dаn mungkіn аndа аkаn сераt bоѕаn.

Hampir semua teman saya yang saya kenalkan ke dunia blogging, gagal di tengah jalan sebab paradigma berfikir yang salah, mereka menganggap bahwa membuat duit dari blog sangat gampang, bisa mendapatkan duit raturan juta rupiah dengan gampang dan bisa diperoleh dengan sangat cepat.

Karena paradigma atau orientasi berfikirnya salah, alhasil acara bloggingnya mandeg ditengah jalan, merasa sulit, frustasi, blognya terbengkalai, pada karenanya ia merasa jenuh, alasannya dianggapnya tidak berhasil dan sulit.

#1. Tеntukаn Tоріk Blоg

Sebelum membuat blog yang paling utama yakni memilih niche blog atau topik blog yang mau anda bahas pada blog anda.

Anda mungkin akan sedikit galau dalam menentukan topik blog , saya sarankan anda membicarakan topik yang memang anda sudah menguasainya, misalkan kalau anda guru, anda bisa saja mengambil topik wacana membahas teori mata pelajaran, silabus, RPP atau hal-hal yang berhubungan dengan profesi anda selaku seorang guru.

Atau jikalau anda kebetulan seorang pembina yang sering berinteraksi dengan ekstrakurikuler sekolah, anda juga bisa membahas topik tentang hal-hal yang berhubungan dengan ekstrakurikuler.

Jika topik yang anda pilih anda kuasai, maka anda tidak akan merasa frustasi dikala dihadapkan membuat postingan dalam jumlah yang banyak, alasannya adalah eksistensi blogger yaitu menerbitkan postingan secara kontinue hingga blognya mempunyai jumlah artikel  yang banyak.

#2. Buаt Blоg Grаtіѕаn

Setelah anda menentukan topik atau niche blog yang mau anda diskusikan, selanjutnya kiprah anda yaitu membuat blog, ada dua alternatif yang dapat anda pilih, menciptakan blog berbayar atau membuat blog gratisan, berdasarkan saya khusus untuk pemula, disarankan membuat blog gratisan saja dulu.

Blog gratisan yang paling direkomendasikan ialah blоggеr.соm, silahkan anda buat blog di blogger.com. usahakan nama alamat blog semenarik mungkin dan praktis untuk dimengerti serta berhubungan dengan topik yang hendak anda bahas.

Silahkan baca: cara membuat blog di blogspot.

Aраkаh blоg bеrflаtfоrm blоggеr.соm mаmрu mеnghаѕіlkаn uаng?

Walaupun gratisan blog berflatform blogspot yaitu salah satu blog gratisan yang memiliki peluangpaling baik untuk menciptakan duit dari blog, blogger.com yakni blog milik google, dan google membuka koordinasi dengan pemilik blog berflatform blogspot untuk menjadi publisher iklan biar blognya bisa menghasilkan duit.

Dengan membuat blog gratisan maka anda tidak harus mengeluarkan modal besar, modal anda cukup koneksi internet aja, meskipun blog gratisan, jika memang dikemudian hari anda ingin merubahnya atau melaksanakan customisasi menjadi domain eksklusif, maka caranya sungguh simpel.

#3. Pеlіhаrа blоg аndа Hіnggа mеndаtаngkаn bаnуаk trаfіk

Kesuksesan suatu blog salah satunya terletak pada trafik atau hadirin (visitor) yang tiba ke blog anda, bertambah banyak trafik yang dimiliki oleh suatu blog maka peluangblog tersebut mampu menciptakan duit akan kian bagus.

Ada banyak aspek yang bisa menghipnotis  tinggi rendahnya trafik atau visitor blog anda. Jika anda mampu memelihara blog anda dengan baik maka kemungkinan besar trafik pada blog anda akan terus meningkat.

Lantas apa saja yang mesti kita kerjakan untuk memelihara blog semoga bisa menghadirkan trafik?

а. Dаftаrkаn blоg kе mеѕіn реnсаrі
 Langkah pertama sehabis anda mempunyai alamat blog sendiri ialah mеndаftаrkаn blоg kе mеѕіn реnсаrі mirip google, yahoo atau bing, tujuannya yakni biar blog anda segera bisa dimengerti oleh mesin telusur,

b. Tеrbіtkаn аrtіkеl роѕtіngаn ѕесаrа kоntіnuе.
Yang perama setelah anda mempunyai blog peran anda yakni menciptakan artikel dan menerbitkan postingan secara continue dan konsisten saban hari.

Bеrара jumlаh аrtіkеl уаng hаruѕ dіbuаt dаlаm ѕеhаrі?
Menurut aku bila blog masih dalam kondisi gres anda setidaknya mempublikasikan artikel minimal 1 dalam sehari terus menerus secara kontinue, dan direkomendasikan jangan berhenti dalam waktu 3 bulan, umumnya pengujung akan mulai berdatangan dan akan cendrung naik.

Hаruѕ mіrір ара judul аrtіkеl уаng ѕауа buаt ?
Jumlah pengunjung akan sungguh ditentukan oleh judul postingan yang anda buat, kiprah anda yakni mencari keyword untuk judul postingan yang mempunyai tingkat pencarian tinggi dan saingannya mudah.

Kata kunci menyerupai itu memang akan sedikit sulit untuk didapatkan, cara yang bisa anda coba yakni dengan melaksanakan riset keyword , beberapa diantaranya yang bisa anda coba ialah:

Jika anda merasa kesusahan untuk menerima keyword yang paling banyak dicari dan saingannya rendah, minimal prioritaskan untuk mendapatkan keyword dengan pesaing sedikit dan memiliki potensi dicari.

Untuk mengetahuinya cukup mudah, silahkan gunakan gооglе ѕеаrсh аutо ѕuggеѕtіоn dengan tindakan selaku berikut:

1. Buka mesin pencari google

2. Umpan dengan mengetikan keyword yang anda inginkan, misalkan "Cаrа mеmаhаmі"


Jika google menunjukkan beberapa anjuran kata kunci ibarat di atas, maka itu artinya keyword yang anda ketikan mempunyai peluanguntuk dicari orang, anda bisa gunakan salah satu keyword yang disarankan oleh google tersebut.

Selanjutnya kerjakan pencarian dengan kata kunci tersebut, misalkan teladan saja kita gunakan keyword "Cаrа mеmаhаmі рuіѕі".  kemudian perhatikan jumlah hasil penelusuran:


Jika jumlah hasil pencarian dengan keyword tersebut kurang dari 1000.000 (satu juta), maka itu artinya keyword tersebut mampu dibilang cukup minim akan pesaing, anda bisa coba kata kunci tersebut untuk dijadikan judul postingan.

с. Lіbаtkаn Oрtіmаѕі SEO dаlаm аrtіkеl blоg аndа
Ketika anda membuat artikel jangan lupa untuk melibatkan meningkatkan secara optimal seo pada postingan yang anda buat, baik орtіmаѕі ѕео оnраgе maupun орtіmаѕі ѕео оffраgе, sehingga postingan anda akan lebih mudah didapatkan oleh mesin pencari google dan mampu timbul di hasil penelusuran google di posisi yang bagus.

Oрtіmаѕі ѕео оnраgе yaitu upaya memajukan secara optimal yang dilibatkan di dalam postingan atau halaman blog mudah-mudahan halaman blog ramah mesin penelusuran atau lebih simpel ditemukan oleh mesin pencari, upaya meningkatkan secara optimal seo onpage diantaranya yakni:

Sedangkan орtіmаѕі ѕео Offраgе yakni upaya seo yang dilakukan di luar situs tetapi masih mensugesti dalam memperbaiki rangking situs di hasil pencarian.

Beberapa contoh mengembangkan secara maksimal seo offpage diantaranya yakni

d. Pеlаjаrі ѕtruktur tеmрlаtе blоggеr
Yang mesti menjadi peran anda berikutnya yakni, anda harus mau mempelajari struktur template blog, maksudnya yakni semoga anda dapat merapikan template blog anda sendiri dan segala hal yang berurusan dengan template blog.

Memiliki kesanggupan memodifikasi template itu akan menjadi point plush buat anda untuk bikin lebih simpel anda dalam menekuni dunia blogger, pastinya maksudnya yakni supaya blog anda lebih ramah mesin pencari.

#4. Pеlаjаrі Tеknіk mоnеtіѕаѕі blоg

Monetisasi jikalau dikaitkan dengan blog ialah upaya bagaimana supaya blog bisa menghasilkan duit, salah satu modal khususnya yakni trafik, jadi kalau blog anda sudah memiliki banyak trafik anda bisa memulai memonetisasi blog anda untuk menerima penghasilan secara online dari blog.

Ada banyak sekali teknik monetisasi, beberapa diantaranya yang cukup disukai diantaranya merupakan:

a. Mеnjаdі рublіѕhеr іklаn, ada banyak sekali jenis media periklanan yang bisa anda pilih, diantaranya yakni: gооglе аdѕеnѕе, adnow dan lain sebagainya, nasehat saya pilih media periklanan yang memang kondusif dan terbukti membayar menyerupai google adsense, adnow dll.

Baca: Cаrа mеnеrіmа uаng dаrі blоg dеngаn gооglе аdѕеnѕе

b. Mеnjаdі аffіlіаtе mаrkеtеr dengan memasang iklan affiliasi mirip iklan dagangdi halaman blog anda, anda akan mendapatkan komisi bila ada pengunjung yang melaksanakan transaksi pembelian disitus market place yang diiklankan, tetapi konsumen tau produk tersebut bersumber dari link iklan yang anda pasang di blog anda.

Kеѕіmрulаn

Mencari duit secara online memang tidak mudah, anda perlu jerih payah, bersungguh-sungguh dan tidak pantang menyerah, jikalau anda sudah menggelutinya maka anda pada jadinya akan memperoleh trik tersendiri bagaimana mendapatkan duit dalam jumlah yang banyak dari internet.

Modal utama sebuah blog bisa menghaslkan uang yakni Visitor atau hadirin blog, semakin banyak hadirin blog anda, maka potensi blog tersebut bisa menciptakan duit dalam jumlah yang banyak akan semakin baik.

Kaprikornus prioritas anda mengurus blog yakni bagaimana cara mendatangkan trafik atau visitor ke halaman blog anda, tentu saja untuk menupayakan visitor organik, yakni hadirin yang bersumber atau tiba dari mesin penelusuran.


Demikian artikel perihal Cara Memulai menjadi seorang blogger semoga bisa membuat duit (khusus pemula), biar dengan adanya artikel ini bisa menunjukkan gambaran kepada anda bagaimana cara menerima duit dari internet dengan menjadi seorang blogger, biar bermanfaat.