Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 5 Kiat Ampuh Merawat Baterai Laptop Biar Tetap Abadi, Tidak Mudah Drop, Irit Dan Tahan Usang

Zaman sekarang apalagi bagi anda yang pekerjaannya tidak lepas dari internet dan dunia online, komputer atau laptop merupakan perangkat wajib yang harus kita miliki, saat ini laptop sering menjadi pilihan dari pada komputer PC atau desktop, dikarenakan laptop atau notebook lebih simpel, bersifat portable, ringan serta mudah dibawa ke mana-mana.

Selain itu, perangkat laptop atau notebook telah dilengkapi dengan baterai, sehingga pengguna bisa menyalakan laptop dimanapun dan kapanpun  tanpa mesti tersambung ke fatwa listrik secara pribadi sama halnya ibarat suatu ponsel pintar.

Seiring dengan perkembangan teknologi laptop dikala ini, selain spesifikasi laptop yang kian tinggi, kapasitas baterai juga telah lebih baik, kini baterai laptop mampu menyimpan daya yang cukup lama, bahkan bisa tahan berhari-hari, cukup mencharge baterai laptop secara sarat kita bisa menggunakannya tanpa mesti disambungkan ke fatwa listrik.

Zaman sekarang apalagi untuk anda yang pekerjaannya tidak lepas dari internet dan dunia on Ini 5 tips ampuh  Merawat  baterai  laptop agar tetap awet, tidak mudah drop, hemat  dan tahan lama

Kita pahami bahwa Baterai laptop memang bukan merupakan bagian yang bisa menunjang kecepatan proses kinerja laptop, namun walaupun begitu keberadaan dan keadaan baterai laptop boleh dikatakan satu hal cukup penting, karena laptop dengan baterai yang manis mampu membuat laptop tidak akan senantiasa tergantung pada gagasanlistrik pribadi, sehingga penggunaan laptop bisa menjadi lebih gampang dan leluasa.

Sayangnya kondisi baterai laptop tidak akan senantiasa dalam keadaan baik, seiring dengan usia laptop dan cara penggunaan laptop, tidak jarang baterai laptop menjadi rusak baik dalam waktu yang cepat atau dalam waktu yang lama.

Jika baterai laptop rusak biasanya ketika komputer laptop atau PC dipakai, daya baterai akan terkuras dengan cepat, selaku kesannya baterai terpaksa harus sering di charger atau diisi ulang, dalam kondisi demikian laptop akan tergantung sekali dengan fatwa listrik yang menciptakan penggunaan laptop menjadi kurang gampang.

Baca juga: Cаrа сераt mеmіndаhkаn dаtа dаrі hр kе kоmрutеr рс аtаu lарtор

Ada banyak penyebab kenapa baterai laptop menjadi rusak, tetapi pada umumnya Kondisi cepat rusaknya baterai laptop sangat ditentukan oleh cara pengguna memelihara laptop tersebut,  jikalau pengguna kurang mengamati kesehatan baterai laptop, maka sudah mampu diputuskan baterai laptop akan cepat sekali rusak.

Oleh alasannya adalah itu untuk menjaga baterai laptop semoga infinit dan bertahan usang, maka kita mesti mengamati kesehatan baterai laptop.

Ada berbagai cara yang dapat kita baca di postingan-artikel blog ihwal bagaimana cara merawat baterai laptop, tetapi ternyata setelah dicoba sendiri, sebagaian ada yang terbukti benar dan sebagian lagi ada yang belum terbukti kebenarannya alias meleset.

Berangkat dari pengalaman, setelah berulang kali gonta-ganti laptop, ternyata ada cara ampuh bagaimana cara memelihara baterai laptop supaya baterai laptop tidak cepat rusak dan tahan lama.

Tірѕ Amрuh Mеmеlіhаrа Bаtеrаі Lарtор Agаr tеtар Awеt dаn tаhаn uѕаng

Jika diamati, teknologi baterai laptop dikala ini memang sudah sangat baik tidak menyerupai dahulu, rata-rata nyaris semua brand laptop menyerupai acer, hp, asus, toshiba, sony dan brand laptop yang lain udah dilengkapi dengan teknologi  pemutus arus otomatis.

Pada dikala baterai  sedang di charge dan baterai full, maka arus listrik yang menyuplai daya pada baterai akan terputus secara otomatis sehingga baterai tidak akan menerima supplai daya berlebih yang dapat mengakibatkan baterai cepat rusak.

Namun begitu, teknologi tersebut bukanlah satu-satunya jaminan yang dapat menciptakan baterai laptop akan selalu kekal, ada hal-hal yang lain yang tetap mesti diperhatikan untuk menciptakan baterai laptop tetap awet.

Berikut kiat untuk memelihara kesehatan baterai laptop semoga tetap baka dan tahan lama

1. Cаbut сhаrgеr bіlа bаtеrаі ѕudаh full.

Tips  pertama yang mesti diamati biar baterai laptop tetap awet yakni, mencabut charger laptop manakala baterai laptop sudah sarat .

Barangkali anda pernah mendengar bahwa, dikala laptop akan dipakai dalam waktu yang lama, charger lebih baik jangan dicabut, daya akan terputus dengan sendirinya manakala full, alasannya ialah laptop sudah dilengkapi dengan pemutus arus otomatis.

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, alasannya yakni berdasarkan pengalaman semakin sering kita mencharger baterai laptop dalam kondisi sarat , maka baterai akan cepat sekali rusak, walaupun baterai sudah dilengkapi dengan pemutus arus otomatis.

Cara terbaik biar baterai laptop tetap awet yaitu memperlakukan laptop sama halnya seperti baterai ponsel cerdik, biasakan cabut dikala baterai telah penuh, dan charge kembali pada dikala daya baterai di bawah 25% atau pada sewaktu kondisi baterai perlu di charge ulang,  anggap saja laptop anda seperti ponsel terpelajar.

Cara mirip ini cukup membuat baterai tahan lama dan performanya akan tetap baik, walaupun sudah beberapa tahun digunakan.

2. Jаngаn bіаrkаn dауа bаtеrаі lарtор mеnсараі 0% dаn lарtор mаtі.

Terus terperinci, berdasarkan pengalaman ini ialah penyebab baterai laptop cepat sekali rusak, membiarkan baterai laptop hingga 0% kemudian laptop mati dengan sendirinya karena kelemahan daya merupakan penyebab baterai anda akan cepat sekali drop.

Saya pribadi dahulu sering sekali melakukan hal ini tanpa sengaja, karena alasan tanggung sedang sibuk menggunakan laptop, walaupun sudah diperingati oleh datangnya jendela perayaan  tata cara operasi, bahwa daya baterai sudah nyaris habis, saya tetap melanjutkan memakai laptop tersebut tanpa di charger, hasilnya lupa dan menimbulkan laptop mati karena dayanya sudah 0%.

Satu kali terjadi sepertinya tidak kelihatan dampaknya, kondisi baterai masih tetap kelihatan baik, namun sesudah  berkali-kali  dan makin sering terjadi, baterai laptop pada jadinya cepat rusak ngedrop, baterai tidak akan mampu lagi bertahan lama, walaupun daya masih ada, laptop pribadi mati lantaran baterai sudah rusak.

Makara hindari untuk memakai laptop sampai mati alasannya dayanya menjangkau 0%, jikalau daya sudah sungguh sedikit, maka secepatnya kembali kerjakan pengisian daya baterai hingga baterai full 100%, kemudian jangan lupa cabut daya.  Jika keadaan anda tidak memungkinkan untuk mencharger laptop sementara daya nyaris 0%, lebih baik matikan laptop terlebih dahulu kemudian isi ulang lagi dirumah.

3. Gunаkаn Cооlіng раd раdа ѕааt lарtор dіgunаkаn dаlаm wаktu уаng uѕаng

Jika anda sering memakai laptop anda dalam waktu yang sungguh lama, artinya laptop dinyalakan terus dalam waktu yang usang seperti untuk bermain game atau untuk melaksanakan pekerjaan yang lain, disarankan untuk menggunakan cooling pad (pendingin) mudah-mudahan suhu laptop tetap setabil.

Menjaga suhu laptop tetap dingin dengan bantuan cooling pad, akan meminimalkan kinerja kipas pendingin yang terdapat dilaptop itu sendiri yang umumnya otomatis melakukan pekerjaan pada dikala suhu laptop panas, laptop dalam kondisi hambar membuat kinerja laptop akan  tetap normal dan akan menciptakan penampilan baterai tidak cepat terkuras.

Selain itu kondisi perangkat keras laptop tidak akan praktis panas dan akan senantiasa tersadar performanya, penggunaan cooling pad selain bisa memelihara kesehatan baterai laptop juga mampu menjaga kondisi hardware laptop khususnya motherboard akan tetap prima sehingga laptop anda akan kian awet dan tahan lama alasannya yakni suhunya akan tetap stabil.

4. Hіndаrі untuk ѕеrіng mеnсаbut сhаrgеr lарtор раdа dіkаlа bаtеrаі bеlum full.

Pastikan anda tidak sering mencabut laptop pada ketika baterai laptop sedang di charger tetapi daya belum sepenuhnya sarat .

Satu kali dua kali sepertinya tidak akan menjadi persoalan, tetapi makin sering anda melakukan cabut daya pada dikala baterai sedang diisi tetapi daya baterai belum 100%, bertahap akan membuat baterai laptop anda rusak. Apalagi dikerjakan secara berulang-ulang. Semakin sering anda melaksanakan cabut, isi, cabut isi dalam waktu yang berdekatan, saya pastikan lambat namun pasti baterai laptop anda akan praktis sekali rusak dan drop.

5. Hіndаrі untuk mеnсороt bаtеrаі lарtор ѕааt lарtор аkаn dіраkаі

Mungkin anda pernah mendengar atau mungkin pernah memperaktekannya, ada yang menyarankan semoga baterai selalu infinit maka lebih baik baterai  dicopot pada dikala laptop akan dipakai dalam waktu yang lama.

Memang  cara ini benar-benar akan membuat baterai laptop akan tetap kekal dalam waktu yang lama, tetapi kerusakan pada hardware laptop yang lain tidak akan terjamin, sebab mungkin saja dikala laptop sedang  digunakan terjadi putus pedoman listrik, yang menyebabkan laptop akan langsung mati tanpa melalui proses shutdown.

Semakin sering terjadi laptop mati tanpa melalui proses shutdown, akan menyebabkan hardware laptop khususnya hardisk akan kian cepat rusak, bahkan mungkin bisa mengancam kerusakan fatal yang mungkin terjadi pada motherboard laptop anda.

Memang ada aneka macam tips memelihara baterai laptop yang mampu kita gunakan, namun pastinya cara terbaik yakni yang bersumber dari pengalaman pengguna.

Cara di atas sengaja aku share buat anda, sesuai dengan pengalaman saya pribadi, yang telah berulang kali gonta-ganti laptop dan sudah berulang kali menjajal beberapa cara guna memelihara baterai laptop, cara di atas menurut saya cara yang paling efektif sepanjang aku menggunakan laptop terakhir kali dan memang sungguh-sungguh ampuh dapat membuat baterai laptop kekal dan tahan usang.

Apa yang aku pernah saya alami, kerusahakan laptop paling lazim yang saya sering sekali alami adalah baterai laptop yang rusak  alias drop, atau motherboard laptop yang gampang sekali panas dan mati secara datang-tiba, pastinya itu balasan dari cara penggunaan laptop yang kurang mengamati kondisi kesehatan laptop itu sendiri.



Lebih baik mencegah dari pada menunggu terjadi kerusakan, walaupun untuk sebagian orang laptop dianggap murah, demi mengurangi keuangan anda, alangkah baiknya memelihara laptop dengan baik sehingga bisa bertahan lama.

Tips di atas tidak terbatas pada satu jenis brand laptop saja, apapun merk laptop yang anda miliki, baik itu acer, asus, hp, sony, samsung, toshoba benq dan brand komputer laptop atau notebook lainnya yang memakai baterai, bisa menggunakan kiat di atas untuk mengurangi baterai laptop biar tetap awet dan tahan lama.

Semoga tips di atas wacana cara memelihara baterai laptop biar tatap selalu infinit dan tahan lama mampu berguna buat anda, selamat menjajal .